14

Peran Guru Sebagai Pendidik Makin Strategis

BOGOR – Setelah empat tahun menguatkan infrastruktur, kini pemerintah menggeser strategi pembangunan nasional untuk menguatkan sumber daya ma­nusia (SDM). Untuk itu, peranan guru sebagai pendidik menjadi sangat strategis. Guru sebagai ujung tombak pembangunan SDM juga harus meningkatkan profesionalisme sekaligus men­jadi agen-agen transformasi pen­guatan SDM Indonesia.

”Sebagaimana topik acara hari ini, guru dituntut untuk meningkatkan profesionalisme untuk menuju pendidikan abad 21,” disampaikan Presiden Joko Widodo pada Puncak Peringa­tan Hari Guru Nasional 2018 dan Hari Ulang Tahun ke-73 PGRI di Stadion Pakansari, Bo­gor, Sabtu (1/12).

Presiden mengingatkan, kualitas SDM di semua jenis profesi serta kualitas SDM di usia dini dan remaja harus dapat ditingkatkan secara sig­nifikan. ”SDM kita harus mampu menghadapi dan me­manfaatkan peluang dalam dunia dan perkembangan teknologi yang begitu cepat berubah saat ini,” tuturnya.

Mendikbud Muhadjir Ef­fendy, menegaskan kembali bahwa peran guru sebagai pendidik tak dapat digantikan oleh profesi lain maupun teknologi. Untuk mewujudkan guru sebagai pendidik pro­fesional, pemerintah menga­jak guru untuk terus mengembangkan kapasitas dan po­tensi diri. (*/ign)

BAGIKAN
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.