Penuhi Gizi, Gemar Makan Ikan Terus Digalakan

SOREANG – Upaya men­dukung prioritas pembangu­nan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) akan terus me­nyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada seluruh masyarakat khus­usnya anak dan ibu hamil.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser mengungkapkan, saat ini konsumsi ikan ma­syarakat Kabupaten Bandung dinilai masih ren­dah, untuk itu bertepatan dengan Hari Ikan Nasional ke-5 Gemarikan terus dila­kukan secara rutin ke seluruh wilayah.

“Ini adalah bagian dari upaya sabilulungan masy­arakat dan pemerintah, untuk mendukung Gema­rikan. Beberapa waktu lalu, kita gaungkan juga agenda Samil (Sabilulungan Makan Ikan Lezat) ke sekolah-se­kolah,” ungkap Kurnia yang kerap dengan sapaan Nia.

Pada kesempatan itu, Nia mengaku sangat berseman­gat ikut mengkapanyekan Gemarikan melalui Samil kepada para seluruh undan­gan yang hadir. selain aca­ranya dikemas menarik dan santai, variasi menu ikan yang beragam, sangat lezat juga disajikan menarik.

Mengenai ketersediaan ikan masyararakat Kabupa­ten Bandung patut berba­hagia karena dalam waktu dekat, Pasar Ikan Modern (PIM) akan hadir yang akan memberikan kemudahan untuk mengkonsumsi ikan segar di Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Kesejahte­raan Kabupaten Bandung H. Marlan, menyebutkan, bahwa peningkatan SDM generasi millenial perlu dilakukan melalui pening­katan gizi anak anak.

Menurutnya, sebagai ka­bupaten Bandung memiliki produksi ikan pada tahun 2017 sebesar 17.000 ton namun konsumsi ikan per­kapita sebesar 20 kg/tahun jauh lebih rendah dibanding konsumsi ikan nasional se­besar 47,12 kg/kapita/tahun.

“Rendahnya konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Bandung ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti ku­rangnya pengetahuan ma­syarakat tentang informasi kandungan gizi dan manfaat makan ikan,’’kata dia.

Marlan mengungkapkan, dilihat dari nilai gizi, daging ikan mempunyai kandun­gan protein lebih baik dari daging ayam dan sapi, lemak omega 3 yang sangat diper­lukan tubuh dan juga dapat mencegah gangguan jantung koroner, serta kaya akan fos­for yang penting bagi sel dan metabolisme tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan