Penguatan Komunikasi Organisasi, Meningkatkan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan

KELOMPOK Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Langlangbuana menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pada masyarakat, PKK dan Karang Taruna Desa Cimaung Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung Jumat (24/8). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Desa Cimaung Kabupaten Bandung dengan tema Penguatan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan serta Ekonomi.

Dalam hal ini, kelompok 11 Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung merasakan urgensi dari perlunya peningkatan kapasitas organisasi kemasyarakatan di desa tersebut. Apalagi mengingat berdasarkan hasil analisa lapangan, Karang Taruna sejatinya harus menjadi motor penggerak pemuda di lingkup desa, saat ini mengalami stagnan karena berbagai faktor.

Acara sosialisasi ini diisi dengan pemaparan materi, tentang komunikasi organisasi serta ekonomi kreatif. Bertindak sebagai pembicara, Dr. Tita Melia Milyane. Dalam paparannya, Tita menyatakan, komunikasi merupakan unsur terpenting di setiap bidang kehidupan. Tidak ada satu pun manusia di dunia yang tidak membutuhkan komunikasi. Apalagi di keorganisasian, dimana komunikasi merupakan unsur penentu berhasil atau gagalnya sebuah organisasi.

”Korelasi antara ilmu komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi itu. Dalam hal ini, komunikasi meliputi media, pesan, teknik, proses dan bentuk komunikasi sedangkan organisasi meliputi manajemen dan kepemimpinan,” ujar Tita.

Lebih lanjut dia menjelaskan, khusus di Desa Cimaung, diharapkan kebangkitan PKK dan Karang Taruna mengingat kedua organisasi ini merupakan motor penggerak pembangunan desa. PKK sebagai organisasi yang harus mampu memberdayakan keluarga sebagai ujung tombak keberhasilan pembangunan, dengan dimulai dari diri sendiri/keluarga sendiri dimana pengurus PKK selain harus menjadi motor penggerak juga harus menjadi teladan bagi masyarakatnya. Sedangkan Karang Taruna sendiri merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran daan tanggung jawab sosial dari, untuk dan oleh masyarakat. Tita juga menjelaskan bahwa Karang Taruna harus dapat bangkit dan memperkuat diri, karena fungsi dari Karang Taruna yang tidak mudah yakni harus mampu memberdayakan para pemuda kaitannya dengan ekonomi produktif khususnya masyarakat Desa Cimaung Kec.Cimaung Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan