Pengguna Tol Soroja Meningkat 10 Persen

SOREANG – Musim libur natal dan tahun baru jumlah volume kendaraan yang masuk dan keluar melalui Gate Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menuju objek wisata Bandung selatan meningkat hingga 10 persen dari weekend biasanya.

“Tidak hanya musim libur panjang saja, setiap weekend juga selalu ada peningkatan jumlah kendaraan. Kenaikannya sekitar 2000-3000, kalau libur panjang seperti ini lebih meningkat lagi dari weekend biasanya. Kenaikannya ada sekitar 10 persenan,” tutur Manager Opsrasional dan Teknis PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Agus Sofian di kantornya, kemarin (28/12).

Hal ini menyebabkan antrean kendaraan cukup panjang di Exit Tol Soroja Kabupaten Bandung saat puncak libur natal kemarin. Antrean kendaraan ini mencapai 100 meter di dalam ruas jalan tol.

“Kami predisli liburan akhir tahun juga akan terjadi peningkatan volume kendaraan seperti kemarin pas libur natal. Nanti tanggal 30-31 Desember sudah mulai naik lagi.  Paling panjang kemarin ada 100 meteran,” ujarnya.

Selain meningkatnya volume kendaraan saat musim libur panjang, antrean kendaraan juga disebabkan oleh lamanya transaksi saat exit di Gate Tol Soroja yang mencapai lebih dari 6 detik. Padahal aturan standar pelayanan minimal bahwa transaksi saat exit tidak boleh lebih dari 6 detik.

“Biasanya kendala di kartunya (E-Tol) kurang saldo atau gangguan dan rusak kartu, jadi lama transaksinya,” katanya.

Untuk mengantisipasi antrean kendaraan pada libur tahun baru nanti pihak CMLJ memfungsikan gerbang irresistible atau membuka gardu exit tambahan. Selain itu CMLJ juga memfokuskan petugas di Gate Tol untuk jemput bola untuk mengscan E-Tol agar tidak terjadi antrean kendaraan yang panjang.

“Alhamdulillah sudah semua pakai E-Tol karena sistem trandaksi ini sangat mudah dan cepat dan supaya tidak ada jeda waktu yang lama. Tapi pastikan saldonya terisi dan tidak rusak,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan