Pengemudi Bus Pariwisata Harus Keren

BANDUNG – Untuk memberikan pelayanan di bidang kepariwisataan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para pengemudi pengemudi bus pariwisata yang ada di Kota Bandung.

Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasar mengatakan, pihaknya sengakja menggelar pendidikan dan pelatihan dasar kepada para pengemudi bus pariwisata agar dalam memberikan pelayanan kepariwisataan bisa bersikap lebih profesional.

Dia menilai, seorang pengemudi bus pariwisata ata travel wisata sudah bisa disebut tenaga profesi khusus. Sebab, keberadaan pengemudi pariwisata sangat berbeda jauh dengan pengemudi bus umum.

Selain memahami tempat dan obyek pariwisata, pengemudi pariwisata harus memiliki sikap baik dalam menjalankan kendaraan. Sehingga, mereka harus paham betul tata cara berkendara untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan lalu lintas.

’’ Jadi seorang pengemudi bus pariwisata ini harus memahami sikap dengan berpenampilan rapih mempersiapkan kendaraan dengan teliti dan baik,”kata Kenny ketika ditemui kemarin, (18/7)

Dia menilai, pengemudi pariwisata salah satu bagian penting dari kegiatan kepariwisataan, bertugas memberikan jasa dan pelayanan kepada wisatawan. Sehingga, secara tidak langsung bisa dibilang pengemudi pariwisata merupakan ujung tombak industri pariwisata.

’’Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan kemampuan yang mumpuni sehingga Pengemudi Pariwisata selayaknya mampu melaksanakan sapta pesona melalui pemberian layanan yang ramah serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan,’’jelas Kenny.
.
Untuk itu, melalui program pelatihan ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung khususnya bidang Kepariwisataan bekerjasama dengan Ikatan Pengemudi Pariwisata Kota Bandung memberikan pelatihan kepada para pengemudi bus pariwisata.

’’ Kita ingin pengemudi bus pariwisata dari Kota Bandung dapat menunjukan citra pariwisata dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan baik asing maupun lokal,”pungkas Kenny. (rls/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan