Pemprov Bentuk Tim Janji Kampanye

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat membentuk tim khusus untuk menyerap dan memantau janji kampanye empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Barat peserta di Pilgub Jawa Barat 2018.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, sudah sudah menugaskan Bappeda dan Asisten Administrasi Setda Jabar untuk mem­buat tim khusus yang terdiri atas sejumlah PNS. ”Jadi saya sudah minta Pak Jerry (Kepala Bappeda) dan Pak Solihin (Asda Tiga) untuk tim khusus ini, sekaligus berkirim surat kepada Bawaslu,” kata Iwa belum lama ini.

Dia mengatakan, keputusan ini lahir setelah pihaknya menggelar rapat dengan seluruh asisten, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, serta Biro Hukum dan tim akan menyerap visi misi dan janji kampanye karena terkait rencana pembangunan jangka menengah Jabar 2018-2023.

”Jadi tim akan ditugaskan mengikuti dan menga­mati empat kandidat. Dengan mengetahui program agar jangan sampai ada perubahan di tengah jalan yang signifikan. Sebab, proses APBD berjalan dan tidak menganggu pembangunan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, menghimpun visi misi dan janji kampanye ini dilakukan mengingat sebagian program kandidat terpilih sudah bisa masuk dalam APBD Perubahan 2018 juga pembahasan di rencana APBD 2019. Upaya ini, kata Iwa, merupakan langkah proaktif mengingat proses penyusunan anggaran tidak boleh terhambat oleh Pilgub Jabar 2018.

”Tentu pada saat 27 Juni 2018 sudah ketahuan siapa pemenangnya. Nah, janji kampanyenya sudah kami masukkan dalam perencanaan umum, pendetilan di APBD 2019 nanti pas dilantik. Tapi, di APBD Perubahan 2018 pun sudah nampak program kandidat terpilih,” urainya.

Menurut dia, tercantum­nya program kandidat terpilih dalam APBD Perubahan 2018 menurut­nya sangat bisa dilakukan mengingat ketika disahkan pada September-Oktober 2018, anggaran yang disusun dalam periode Gubernur Ahmad Herya­wan dan Wagub Jabar Deddy Mizwar sudah berakhir.

Dia memerinci, APBD ke depan sudah bagian dari gubernur yang akan datang. Karena itu, secara teknis tim khusus ini akan mendo­kumentasikan seluruh janji kampanye kandidat lalu oleh Bappeda dan BPKAD masuk ke dalam perenca­naan umum.(ant/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan