Pemkot Berikan Rusunawa Kepada Veteran

BANDUNG – Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan dan veteran Wali Kota Bandung memberikan 11 Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Rancacili.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung, Patmo mengatakan, sampai saat ini masih ada anggota LVRI yang menjalani kehidupan kurang sejahtera. Hal ini karena masih kurangnya perhatian dari pemerintah.

Menurutnya, masih banyak kondisi bangunan tempat tinggal para veteran kurang layak. Padahal, mereka merupakan pejuang yang secara fisik ikut membantu merebut kemerdekaan.

Dia menyebutkan, di Kota Bandung terdapat 1.308 vetaran. Sedangkan di tingkat Jabar terdapat 27.000 veteran. Dari angka tersebut, rupanya kondisi perekonomian hingga hunian para veteran ini masih tergolong kumuh.

’’Kalau veteran pejuang kemerdekaan ’45 itu lebih miris lagi hidupnya kurang layak,”ungkap Patmo belum lama ini.

Patmo menyebut, para veteran pejuang kemerdekaan 45 rata-rata memiliki vetaran itu kumuh dan hanya mendapatkan uang saku sebagai tunjangan kehormatan sebesar Rp 1,4 Juta Per bulan.

“Mereka tidak dapat pensiunan. saya sering kedatangan para veteran dari tiap kabupaten/kota, dari Cimahi, Cianjur, Tasihkmalaya. Mereka selalu tanya gimana keadaan veteran di Kota Bandung,” ucap dia.

Meski hanya memiliki tunjangan yang tidak sepadan, diakui Patmo, Veteran Kota Bandung cukup beruntung lantaran pemerintah daerah ikut membantu menyejahterakan mereka.

Hal ini Terbukti, kali ni para vwteran tersebut diberikan keringanan menyewa rusunawa di Rancacili yang bahkan secara desain dan di arsiteki oleh Wali Kota Bandung secara langsung.

“Saya bilang supportnya lumayan bagus. Kota Bandung termasuk veteran yang diperhatikan nomor dua di Indonesia oleh pemdanya setelah Surabaya,” kata Patmo.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyampaikan, Pemerintah Kota Bandung memang menfokuskan konsep untuk memberikan perhatian khusus kepada warga Kota Bandung yang berusia manula.

Lantaran dikatakan Ridwan di antara lansia ini pun ada sekelompok lansia istimewa yang jasanya terhadap bangsa ni luar biasa, yang namanya legiun veteran.

Oleh sebab itu, menghormati peringatan Hari Veteran, Pemkot Bandung memberikan bantuan untuk kesejahteraan melalui penyewaan tumah susun di Rancacili. Rusunawa ini diserahkan pada veteran pejuang untuk disewa sehingga bisa menempati rumah yang lebih layak dibandingkan sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan