Pemkab Monitor Lokasi Wisata

NGAMPRAH – Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang datang ke lokasi objek wisata. Pemkab Bandung Barat akan melakukan monitoring saat memasuki libur Hari Raya Idul Fitri. Monitoring dilakukan sebab pada saat libur Lebaran diprediksi akan terjadi lonjakan wisatawan cukup tinggi mengingat libur cukup panjang.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat Cucu Hertika menyatakan, kunjungan pada Lebaran nanti akan ada kenaikan hingga 5 persen dibandingkan hari biasanya. ”Oleh karena itu, kita akan siapkan tim pemantauan di sejumlah objek wisata yang ada. Pemantaun kita lakukan, setelah memasuki hari raya kedua dengan menurunkan 30 petugas,” katanya.

Dikatakan Cucu, pada saat melakukan monitoring sejumlah objek wisata yang ada, pihaknya pun akan dibantu dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan pihak kepolisian. “Seperti tahun-tahun sebelumnya ini sudah biasa dilakukan. Namun, karena libur lebaran sekarang waktunya cukup panjang, sekarang kita pun akan terjunkan tim cukup banyak,” ujarnya.

Menurut Cucu, setiap wisatawan yang datang ke beberapa objek wisata di KBB harus dijamin kenyamanannya. Dengan demikian Disparbud mengimbau agar pengelola objek wisata memperhatikan kenyamanan para wisatawan. “Sebab, kenyamanan wisatawan ini begitu penting. Kita inginkan, pada saat singgah di satu destinasi, setiap wisatawan itu harus memiliki kenangan atau kesan yang baik,” katanya.

Cucu juga mengatakan, bahwa momentum Lebaran akan menjadi totalitas dari pergerakan ekonomi. Menurutnya, selain meningkatnya keuntungan bagi objek wisata, ini juga akan berdampak pada naiknya okupansi hotel. “Jelas ini akan, berdampak juga pada kenaikan seperti okupansi hotel. Sebab, jika ada wisatawan yang menginginkan liburan lebih lama, pasti mereka akan menginap,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini pariwisata di Kabupaten Bandung Barat menjadi salah satu poin penting bagi pembangunan ekonomi masyarakat. Hal ini tak terlepas dari adanya beberapa wahana wisata favorit seperti Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu, The Lodge Maribaya, Farm House Susu Lembang, dan sejumlah objek wisata lainnya.

Sementara itu, khusus mamasuki libur Lebaran, beberapa jalur alternatif seperti Jalan Maribaya-Cibodas, Jalan Cihideung-Terusan Sersan Bajuri dekat dengan beberapa objek wisata ini juga akan jadi perhatian khusus Dinas Perhubungan. “Saat libur lebaran nanti, kita akan monitoring terus jalur-jalur alternatif karena sering terjadi kemacetan panjang,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat Ade Komarudin. (drx/ign)

Tinggalkan Balasan