Pegadaian Syariah Padasuka Berikan Bantuan

BANDUNG – Pegadaian Sya­riah Cabang Padasuka serahkan bantuan dalam bentuk Dana Kebajikan Umat (DKU) kepada Mesjid At Taufiq Jalan Parakansaat II kemarin (22/11).

Penyerahan tersebut diserah­kan langsung oleh Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Pada Suka Heti Herawati S.MN ke­pada DKM mesjid At Taufiq dengan disaksikan Lurah Cisa­rantren Endah Jajang Kurnia.

Heti menuturkan, DKU mer­upakan salah satu program dari pegadaian syariahyang sudah menjadi bentuk kepe­duliian dari Pegadaian Syariah terhadap lingkungan sekitar.

Dia mengatakan, DKU berasal dari selisih atau kelebihan dari nasabah yang barangnya tidak dapat selesaikan oleh nasabah, kemudian barang tersebut di lelang dan selisihnya diberikan kepada masyarakat dalam ben­tuk bantuan sosial.

”Selisih atau kelebihan dari hasil lelang mempunyai masa temponya yaitu 1 tahun,’’jelas

Dia mengatakan, ketentuan pelelangan barang milik nasa­bah sudah ditetapkan selama 1 tahun. Namun, ketika dilelang selisih tidak di ambil oleh na­sabah, tidak bisa dijadikan laba perusahaan dan harus dikem­balikan kepada masyarakat.

’’Salah satu nya di berikan dalam bentuk bantuan ke ma­sjid-masjid, pesantren, pengo­batan gratis dan kegiatan-kegi­atan sosial lainnya” tuturnya.

Heti menambahkan untuk saat ini memang banyak program produk-produk yang di keluar­kan oleh pegadaian syariah, selain DKU ada juga program pembayaran Haji, BPKB ken­daraan dan modal usaha.

Dia menilai, di era milenial ini pegadaian memang mengelu­arkan banyak produk-produk baru, dan kita ada program sam­pah menjadi emas. Sebab, pro­gram ini merupakan intruksi dari OJK agar smembantu ma­syarakat dengan mengajak untuk belajar berinvestasi.

Heti menambahkan, bantuan ini sudah jadi agenda rutin pe­gadaian syariah tiap tahunnya.

bantuan diberikan tidak hanya untuk pembangunan tempat ibadah saja, melainkan ke pe­santren, korban banjir, bahkan ke yayasan pendidikan dan ku­rang mampu.

”Dalam setahun ini kami telah menyerahkan bantuan ke-6 tempat yang berbeda, Kami juga tidak selalu menge­depankan bisnis saja namun juga kegiatan-kegiatan sosial” katanya pada JabarEkspres.

Tinggalkan Balasan