PDAM Cari Pelanggan untuk SPAM Gedebage

BANDUNG – Warga di Keca­matan Gedebage sebentar lagi akan mengalami kesulitan air. Sebab, dalam waktu dekat Peru­sahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening akan membuka pelanggan baru melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, kebera­daan SPAM ini diperuntukan khusus masyarakat Bandung bagian Timur di antaranya Kelurahan Batununggal, Ci­jawura, Kujangsari, Sekejati, Margasari, Mekarjaya, Der­wati, Cipamokolan, dan Kelu­rahan Cisaranten Kidul.

’’Saluran ini dapat melayani sekitar 70.000 saluran rumah di wilayah Bandung Timur,’’ sebut Oded ketika ditemui kemarin. (21/11).

Untuk itu, agar warga menda­patkan pelayanan terbaik dari PDAM pihaknya akan gencar menyosialisasikan untuk menjaring pelanggan baru yang disampaikan langs­ung kepada warga Gedebage di Metro Indah Bandung Ho­tel, Bandung.

Dia memaparkan, SPAM Gedebage sendiri terbagi menjadi 7 blok Distribusi Me­ter Area (DMA) yang terdapat di 12 Kelurahan. SPAM wi­layah Gedebage sudah ber­jalan sejak 2016. Dengan ang­garannya mencapai Rp150 miliar. Selain itu, memperoleh tambahan sebesar Rp100 mi­liar. Jumlah tersebut belum termasuk dana hibah dari pemerintah pusat.

”Kita mendapat hibah dari kementerian sebesar Rp100 miliar, tapi harus ada pen­damping dari kita. Makanya sekarang sedang dibahas di dewan dengan harapan bisa tercapai,” ujar Oded.

Pada program SPAM Gede­bage ini, PDAM Tirtawening akan memberikan subsidi kepada 21.000 calon pelang­gan baru. Penerima subsidi tersebut yaitu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Berdasarkan informasi yang di peroleh bagi masyarakat yang ingin mendaftar men­jadi pelanggan SPAM Ge­debage pendaftaran sudah dibuka sampai 21 Desember. Adapun pernyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelanggan MBR adalah, Termasuk dalam kategoiri MBR, Daya listrik kurang dari 1300 kva, Menyertakan fotokopi KTP, KK, PBB, seusi alamat pemasang, Membuat pernyataan minat berlangganan, Membayar uang pendaftaran Rp50.000 dan apabila memenuhi per­syaratan membayar Rp740.000.

Untuk menjaring calon pe­langgan, PDAM Tirtawening akan mengerahkan petugas­nya. Para petugas yang dilen­gkapi surat tugas resmi akan mendatangi rumah-rumah calon pelanggan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan