Pasokan Air Bersih PDAM Dihentikan

BANDUNG – Setelah sumber air baku di situ Situ Cipanun­jang dan Situ Cileunca mengalami penyusutan secara drastis. Perusahaan Daerah air Minum (PDAM) Tir­tawening Kota Bandung ter­paksa menerapkan sistem bergilir bagi para pelanggan.

Direktur Utama PDAM Tir­tawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, pihaknya terpaksan mene­rapkan sistem bergilir ini se­bagai bentuk penghematan dari stok air yang dimiliki. Sehingga, PDAM Tirtawening menghentikan suplay air ber­sih sementara kesebagian warga secara bergiliran.

Dia memaparkan, untuk penghentian ini dilakukan selama 4 jam pada malam hari. Sebab, biasanya pada watu malam warga Kota Bandung tidak terlalu banyak menggunakan air.

Sonny menjelaskan, selama ini air yang didapat untuk suplai air bersih ke Kota Bandung merupakan air sisa pembuangan turbin di Cika­long yang digerakan oleh air dari Situ Cipanunjang dan Situ Cileunca. Sehingga, jika pasokan air berkorang maka turbin berhenti berputar.

’’Jadi berarti enggak ada air yang bisa kami ambil. otoma­tis kan pasokan terganggu. Nah, kami ganti dengan air sungai, tetap air sungai juga kecil,” jelas Sonnzy ketika di­temui kemarin

Sonny berharap, untuk men­gatasi masalah ini lanjut dia, Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera memberikan solusi agar pada saat kemarau datang kembali, stok air baku untuk warga Kota Bandung tidak terganggu.

“Solusinya kita bersama sama mendorong pemerintah pusat dan provinsi untuk bisa memberikan bantuan untuk tandon air, kolam kolam, atau pengeru­kan di sana,” kata dia.

Sonny mengatakan, dengan kondisi sumber air baku yang menipis dan tidak turun hujan, sumber air yang bisa dimanfaat­kan hanya dari sungai Cikapun­dung. Namun, kondisi air di sungai Cikapundung memiliki volume sangat terbatas.

Dia menambahkan, jika dalam 2 mingggu ke depan kondisi air di Situ tersebut tidak menunju­kan penambahan maka PDAM Tirtawening tidak akan memi­liki pasokan sama sekali.

’’Untuk sementara masih bisa bertahan, dengan cara menghentikan sementara pada pasokan malam hari,” pungkas Sonny.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan