Pasir Kunci Jadi Destinasi Wisata Baru

BANDUNG – Untuk melestarikan kaulinan lembur (Permainan tradisional sunda) Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bandung memiliki tempat tersendiri.

Kali ini Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci yang berada di kaki Gunung Manglayang tepatnya di Keluarahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.

Di kawasan tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut ditambah udara sejuk di bawah kaki gunung Manglayang dibarengi pertunjukan dari anak-anak sekitar yang memainkan permainan tradisional.

Selain itu, diberbagai sudut Kampung Wisata Kreatif pengunjung bisa sepuasnya berswafoto dengan latar belakang Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku sangat mendukung dengan adanya Kampung Pasir Kunci tersebut. Sebab, dengan adanya destinasy wisata baru, diharapkan akan memsiliki dampak pada kemajuan perekonomian warga sekitar.

“Alhamdullilah, saya senang tempat wisata di Kota Bandung bertambah. saya yakin dengan adanya tempat ini kebudayaan akan lestari. Permainan tradisional anak-anak kini bisa ditemukan di sini,” kata Oded usai meresmikan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, kemarin (31/10).

Dengan pakaian pangsi khas sunda lengkap dengan iketnya, Oded mengatakan, kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci menjadi jawaban bagi masyarakat Kecamatan Ujungberung dari Pemerintah (Pemkot) Kota Bandung. Sebab, Ujungberung dan sekitarnya sangat banyak para pelaku seni. Sehingga, sudah selayaknya Pemkot mewadahi para seniman.

Oded optimis, budaya dan permainan tradisional yang ada di Kecamatan Ujungberung akan semain berkembang. Sehingga akan semakin menjadi kebanggaan Kota Bandung. Bahkan, untuk urusan kesenian tradisional, Ujungberung sudah tidak diragukan lagi.

’’Bisa dilihat, anak-anak kecil di sini sudah ikut mengikuti segala kegiatan tradisional dan permainan tradisional. Mereka sudah pandai dalam berkesenian, karena dilatih secara rutin oleh orang tuanya, sehingga kecintaan terhadap budaya tradisional semakin besar,” kata dia.

Dia menambahkan, seluruh masyarakat setempat harus bersama-sama menjaga Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci terutama kebersihannya. Sehingga, nantinya pengunjung akan semakin banyak berdatangan.

“Kelola kampung ini sebaik-baiknya. Pergunakan untuk pelestarian budaya dan permainan tradisional bagi anak-anak. Tetapi, jaga selalu kelestarian dan kebersihan tempat ini,” kata Oded.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan