Pasar Digital Puri Bambu Akan Dilaunching Oleh Kemenpar RI

CIMENYAN – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI akan melaunching secara resmi Pasar Digital Puri Bambu Bojongkoneng pada Februari 2019 mendatang.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Bandung Yudi Haryanto memngatakan, keberadaan Pasar Digital Puri Bambu Bojongkoneng sudah dilirik oleh Kemenpar untuk dipromosikan. I

’’Insyaallah jika sesuai rencana, Februari nanti Menteri Pariwisara RI Arief Yahya akan melaunching langsung pasar digital ini,” ungkap Yudi.

Yudi berpendapat, selain sebagai sektor devisa, pasar digital tersebut dapat menjadi tempat edukasi bagi wisatawan yang ingin mengenal budaya sunda lebih dalam lagi.

“Selain sebagai salah satu sektor yang bisa mendulang devisa, pariwisata berbasis budaya ini juga memberi kesempatan kepada wisatawan untuk dapat belajar tentang sejarah, kebudayaan bahkan kesenian lokal,” jelasnya.

Menurutnya, Kabupaten Bandung sendiri, dikaruniai berbagai potensi alam dan kekayaan budaya yang menakjubkan, seperti pertanian, peternakan, perkebunan, panas bumi, pariwisata, seni dan budaya.

Dirinya menuuturkan, kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung untuk terus meningkatkan penataan dan pemeliharaan objek wisata di Kabupaten Bandung baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Prinsip pengelolaan harus lebih profesional lagi khususnya pada kawasan wisata budaya, jangan lupa juga libatkan wisatawan dan masyarakat untuk turut melestarikan kebudayaan setempat. Tak ketinggalan, tetap perhatikan aspek peningkatan kehidupan komunitas warga lokal, baik secara ekonomi maupun sosial,” tegasnya.

Ditempat yang sama pula, Kepala Disparbud Kabupaten Bandung Drs. Agus Firman Zaini, berharap even Cimenyan Festiva tersebut dapat menciptakan destinasi wisata baru yang berkelanjutan.

“Biasanya even seperti ini hanya berlangsung pada hari H saja, tapi melalui tema digital yang kita usung even seperti ini diharapkan terus berlanjut, bahkan dapat menciptakan destinasi wisata baru di Kawasan Bandung Utara,” ungkap Agus.

Ia menuturkan, Cimenyan Festival tersebut menyajikan berbagai macam pertunjukan. Mulai dari festival budaya, live music hingga sajian kuliner khas Cimenyan. Sebab, daerah ini terkenal dengan potensi kulinernya seperti tape singkong atau peuyeum dan madu. Disini juga disajikan bandrek dan bajigur serta makanan tradisional yang jarang ditemukan di pasar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan