Pasangan HebRing Siap Menangkan Pilwakot Bandung

109
FOTO-FOTO: TAOFIK ACHAMD HIDAYAT/JABAR EKSPRES
SERAHKAN BERKAS: Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto (kiri) dan Aris Supriatna (tengah) saat menyerahkan surat pendaftaran pemilihan wali kota (Pilwakot) ke Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Rifqi Alimubarok di Kantor KPU Kota Bandung Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/1). Pasangan pemilik dukungan terbanyak ini pun membawa slogan hebat dan ringkas (Hebring).

BANDUNG – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto dan Aries Supriatna dinyatakan lolos verifikasi setelah mendaf­tar ke KPU Kota Bandung.

JELANG DEKLARASI: Bakal calon wali kota Bandung Yossi Irianto saat menyampaikan sambutan di Hotel Horison (9/1) malam.

Dengan lolosnya verifikasi syarat yang dibutuhkan untuk pendaftaran, hingga siap me-ngikuti langkah selanjutnya yang ditentukan KPU Kota Bandung dalam mekanisme Pilwalkot Bandung 2018.

”Kami mengapresiasi ke­pada partai yang mengusung kami yaitu PDI Perjuangan, Hanura, NasDem dan PPP. Ini merupakan tahap pertama dan kami mengalir saja meng-ikuti langkah-langkah selan-jutnya,” ujar Yossi.

Pengusung tagline HebRing dalam Pilwalkot Bandung 2018 itu menyebutkan, HebRing terdiri dari dua kata yaitu hebat dan ringkas. ”Dengan slogan ini bagaimana kami berusaha menjadikan Kota Bandung lebih baik lagi, dengan melihat berbagai pengalaman sebelum-nya. HebRing akan mengiringi langkah kami dalam meme­nangkan Pilwalkot kali ini,” ungkap Yossi usai mendaftar di KPU Kota Bandung Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Rabu (10/1).

Menurutnya kata hebat me­miliki arti takjub, syukur, peng-hormatan ke Kota Bandung yang dinilai sudah luar biasa dan keren. Bahkan berusaha meningkatkan lagi kualitas Kota Bandung yang lebih baik.

Lihat Juga:  Penilaian Kinerja Rendah, Silahkan Mundur

Dikatakannya ringkas me­miliki arti simpel, efektif dan efisien, dimana berusaha meng-hadirkan pemerintahan yang tidak bertele-tele. Kebutuhan masyarakat dijadikan sebagai prioritas dengan sistem yang sederhana. ”Kami berusaha memantapkan Bandung Jua­ra yang berkeadilan dan ber­orientasi kepada hal yang simpel dan efisien,” katanya.

Walau pun koalisi pendukung Yossi Aries sempat meregang, Ketua DPD NasDem Kota Bandung, Herry Mei Oloan mengatakan pihaknya tetap berkomitmen untuk mendu­kungan Pasangan Balon Pil­walkot Bandung, Yossi Irian­to-Aries Supriyatna kendati sempat mengalami kekece­waan karena dirasa minimnya komunikasi pasangan tersebut. ”Beliau sudah meminta maaf atas komunikasi yang berjalan tidak baik. Kami juga sudah melakukan komunikasi kem­bali,” ucapnya.

Lebih jauh terkait deklarasi pada Selasa (9/1) malam, su­dah melakukan pertemuan. Komunikasi tersebut juga memperbaiki komunikasi antara Nasdem dengan pa­sangan tersebut yang sempat tidak berjalan. ”Hadé ku basa goréng ku basa (buruk atau bagus itu bicara) jadi kami sederhana saja. Saling meng­ingatkan kalau ada yang kurang tepat dilakukan,” terangnya.

Lihat Juga:  Polda Amankan 26 Moge

Pada kesempatan sama, Ketua DPC PDIP Kota Ban-dung, Isa Subagja menuturkan tidak ada persoalan dengan koalisinya. Persoalan misko-munikasi sendiri sudah dise­lesaikan dan tidak ada lagi yang harus diperdebatkan.

”Dari kemarin juga saya sudah mengatakan tidak ada masalah. Buktinya sekarang, NasDem ada di KPU saat ini. Saya dan Kang Herry terlihat biasa saja kan,” tambahnya.

Malam sebelumnya pasangan HebRing ini mendapatkan tambahan dukungan dari PPP jelang pendaftaran ke KPU. Meski sebelumnya sudah aman dengan Hanura (6), Nasdem (4) dan PDI Perjuangan (12). Kini amunisi makin kuat dengan tambahan Dua kursi dari PPP. Sehingga total 24 kursi, dan menjadi satu-sa­tunya pasangan calon dengan suara terbanyak.

”Hari ini berturut turut da­pat dukungan PPP dan hari ini rekomendasi Hanura, menjadi spirit berharap ber­cita-cita ke depan,” kata Yo­ssi di Hotel Horison Jalan Pelajar Pejuang, Selasa (9/1).

Dalam kesempatan yang sama Yossi juga secara resmi mendeklarasikan pencalonan­nya dengan menggandeng kader PDI Perjuangan Aries Supriatna Selasa (9/1) malam. Dia mengungkapkan, sosok Aries sangat cocok untuk me­lengkapi kelemahanya di sam­ping suara PDI Perjuangan di parlemen jelas lebih banyak.

Lihat Juga:  Dari PlayStation Jadi Mobil Nyata

”Pertama saya komit terhadap putusan DPP, tentu setiap DPP partai punya etika, keputusan, dan kebijakan. Kedua, saya kebetulan, saya sangat menge­nal dengan chamestrynya sudah dapat,” tegasnya.

Selebihnya, Yossi juga me­nilai latar belakang Aries se­bagai anggota DPRD menjadi keunggulan untuk memper­kuat dukungan parlemen. Sebab, kepiawaian dan pen­galaman Aries sebagai wakil rakyat dibutuhkan untuk men­dukung pelbagai kebijakan yang menunjang rancangan programnya di kota Bandung. ”Secara kebetulan kita ada chamestry, keuntungannya politiknya kuat pemerintahan­nya kuat, sebuah tatanan semua komponen dalam demokrasi kita tahu politik sebagai kom­ponen menjalankan kepen­tingan rakyat,” ujarnya.

Usai menggelar deklarasi, pasangan Yossi-Aries. Pasangan ini pun sekaligus memperke­nalkan Jargon mereka yaitu HebRing (Hebat-Ringkas). Gagasan itu disemangati dengan memantapkan Ban-dung Juara yang berkeadilan, sekaligus memperbaiki yang kurang baik sebelumnya.

”Lewat ‘Hebring’, kami ing­in membuat tata kelola yang lebih simpel, efektif, dan efi­sien. Hebat itu kan, menjadi supporting untuk lahirnya juara-juara lain di Bandung. Makanya pasti hebat jadi he­bring,” kata Yossi.

Disinggung terkait strategi untuk memenangkan Pilwalkot ini, Yossi mengatakan urusan strategi pemenangan mereka serahkan pada partai koalisinya, yakni PDI Perjuangan, NasDem, Hanura, dan PPP.

“Saya dengan Kang Aries ya mengalir saja melaksanakan tugas yang memang harus dilakukan,” lanjut Yossi.

Sementara urusan gagasan, Yossi mengaku tidak akan mengubah sesuatu dari pe­merintahan Ridwan Kamil–M Oded Danial yang dirasa baik. Justru, dia ingin menyem­purnakan sesuatu yang diang­gap PR atau kurang baik.

Aries Supriatna pun lantas menimpali bahwa sosok Yossi merupakan figur pemimpin yang dibutuhkan oleh Kota Bandung. Pengalaman Yossi sebagai birokrat menjadikannya sangat pahan akan persoalan perkotaan beserta solusinya.

“Ya sama lah, Pak Yossi yang selama ini mewakili pemerin­tah, sehingga saya melihat sosok figur yang sangat me­mahami permasalahan Kota Bandung, dan secara kapasi­tas beliau sangat memahami,” ulas Aries. (pan/ign)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.