Pantai Pangandaraan Kini Bebas PKL

BANDUNG – Keinginan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk membuat pantai Pangandaran bebas dari Pedagang Kaki Lima (PKL akhirnya bisa terwujud setelah Pemkab Pangandaran melakukan relokasi PKL yang biasa berdagang di bibir pantai.

’’Saya sangat mendukung Pemkab Pangadaran mewujudkan itu. Namun, yang terpenting harus disertai solusi,’’jelas Heryawan ketika ditemui kemarin (17/1)

Pemkab Pangandaran dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah merelokasi PKL di bibir pantai yang sempat menghalangi bibir pantai. Sehingga, saat ini wisatawan bisa dengan bebas menikmati keindahan pantai Pangandaran.

Menurutnya, untuk memindahkan PKL ini memang sudah direncanakan sejak lama.  Sebab, berdasarkan aturan 100 meter dari bibir pantai diukur saat air pasang merupakan milik negara dan tidak boleh siapapun memilikinya.

’’Itu yang kita inginkan dan itu sudah terlaksana di Pangandaran,’’ kata Aher

Menurutnya, para PKL sudah  direlokasi ke gedung-gedung pusat perbelanjaan di pantai ini. Yang tersebar di berbagai tempat baik di pantai barat dan timur bersih.

Untuk selajutnya penataan akan dilakukan penjagaan agar keindahan pantai tetap terjaga. Termasuk, melakukan pembersihan bibir sampah dari sampah yang dibuang wisatawan.

Untuk itu, Pantai Pangandaran harus ditambah fasilitas berupa pengawas pantai, fasilitas sarana pembuangan sampah dan perangkat pendukung lainnya.

’’Alhamdulillah semoga pantai ini menjadi kebanggaan masyarakat dan akan tetap maju seiring dengan pertumbuhan perekonomian di Jabar yang semakin pesat.”pungkas Heryawan (yan)

Tinggalkan Balasan