Pabrik Tahu ABG Diduga Buang Limbah Ke Saluran Air Warga

53

BANDUNG – Sebuah pabrik tahu dengan merek Asyik Banget Gila (ABG) di Jalan Jamika diduga melakukan pembuangan limbah tahu tanpa melalui proses pengelolaan sesuai aturan.

Reza Mubarak salah seorang warga setempat mengaku, pabrik tersebut sudah berdiri sejak Delapan tahun lalu. Dia menduga sejak saat itu pabrik tersebut, melakukan pembuangan limbah langsung ke selokan warga. Sehingga, sangat mengaggu lingkungan setempat.

” Tiap harinya selalu dibuang ke selokan bahkan kalau hujan seperti ada kesempatan untuk buang limbahnya,” jelas Reza ketika dimintai keterangan. Senin (19/3/2018).

Menurutnya, selain limbah, selama ini pabrik tahu ABG sering ‘menganggu’ warga. Sebab dari dalam pabrik sering mengeluarkan suara bising dari aktivitas produksi.

Bahkan, berdasarkan keterangan dari para karyawannya mereka tidak memiliki jaminan sosial seperti asuransi kesehatan dan jaminan tenaga kerja. Sehingga, sudah sangat jelas pabrik ini melanggar peraturan.pemerintah.

“Karyawannya kurang lebih 30 orang, mereka bekerja siang malam padahal tidak ada jaminan sosial,” cetus Reza.

Reza yang aktif di salah satu oraganisasi kepemudaan ini mengungkapkan, dari aktivitas produksi yang dilakukan pabrik tahu tersebut, diduga tidak memiliki izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) dari pemerintah Kota Bandung. Sehingga perlu adanya perhatian serius dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Bandung.

“Jadi untuk dinas-dinas terkait seharusnya proaktif dengan kondisi lingkungan yang ada di kota Bandung ini,” cetus Reza yang juga aktif di KNPI Jabar ini. (yan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here