P2WKSS Pemberdayaan Masyarakat Daerah Tertinggal

SOREANG – Pemkab Bandung akan mencanangkan program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kampung Tegallame RW 07, RT 1 s/d 6 Desa Ciaro Kecamatan Nagreg.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bandung Kurnia Agustina mengatakan, program tersebut merupakan gagasan pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli.

Untuk menarik perhatian program akan diikutsertakan dalam ajang perlombaan. Sehingga, nantinya dapat mendorong pembangunan khususnya di daerah tertinggal.

Selain itu, ajang ini akan turut meningkatkan daya saing masyarakat dari berbagai aspek dengan memiliki keunggulan wilayah di daerah masing-masing.

’’Jadi Program P2WKSS yang dilakukannya bersama jajaran Perangkat Daerah (PD) dengan sasaran pembangunan di wilayah terpencil yang belum tersentuh pembinaan untuk pembangunan,’’jelas perempuan yang akrab disapa Nia ini ketika ditemui dirumah dinasnya kemarin (22/2).

Pihaknya akan selalu mendorosng kepada perangkat daerah di tingkat desa untuk memberikan pembinaan sesuai kewenangannnya. Dengan begitu, walau kondisi wilayah ini tidak jauh dari aktivitas pusat perkotaan, namun dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari bisa dicukupi secara mandiri.

Dirinya memaparkan, program P2WKSS membantu wilayah tertinggal menjadi mandiri dalam berbagai aspek, mulai dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, sosial, pangan, pendidikan, kesehatan bahkan peningkatan ekonomi kreatif.

Dirinya menambahkan, lomba P2WKSS menjadi motivasi dan dorongan tersendiri bagi kita semua agar dapat mencapai suatu kondisi tempat yang sehat, bersih, aman dan nyaman bagi para penghuninya.

’’Nanti warga masyarakat akan diberikan pembinaan melalui penyuluhan dan pelatihan berbagai keterampilan, yang nantinya kan berdampak pada peningkatan ekonomi,”pungkas Nia. (bbs/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan