OSO Spontan Usung Wiranto Jadi Cawapres

JAKARTA – Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) tak butuh rapat bertele-tele untuk mengumumkan sikap partainya menjelang pemilihan presiden. Kemarin OSO langsung mendeklarasikan dukungan kepada Wiranto sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Sikap tersebut disampaikan OSO saat syukuran kelolosan partainya sebagai peserta pemilu di rumah pribadinya, Kuningan, Jakarta, Rabu (22/2). ”Sudah pantas saya mengatakan Pak Wiranto sebagai calon wakil presiden,” ucap OSO. Dengan deklarasi itu, Wiranto direkomendasikan mendampingi Joko Widodo pada pilpres mendatang. Sebab, sebelumnya Partai Hanura menyatakan dukungan kepada Jokowi sebagai calon presiden.

OSO mengatakan, jika partai lain boleh mengusulkan cawapres, partainya pun boleh melakukan hal yang sama. Untuk menyatakan dukungan tersebut, OSO yang juga ketua DPD itu meminta para kader yang hadir untuk berdiri. ”Siapa wakil presiden?” teriak OSO. ”Wiranto,” jawab mereka sembari mengacungkan kepalan tangan. Dia juga meminta semua kader memasang foto Wiranto sampai mantan panglima TNI itu benar-benar terpilih sebagai wakil presiden.

Sementara itu, Wiranto mengaku sempat terkejut saat diusung sebagai cawapres mendamping Jokowi. Sebab, usul tersebut disampaikan OSO secara spontan. ”Jadi, spontanitas (usulan) dari pengurus partai,” tegas dia kemarin. Namun, untuk saat ini, pria yang juga mejabat ketua Dewan Pembina Partai Hanura itu belum bersedia banyak komentar mengenai hal tersebut.

Dia hanya menyampaikan komitmennya untuk tetap menjalankan tugas sebagai Menko Polhukam. ”Saya akan menyelesaikan tugas pokok saya sepenuhnya,” kata Wiranto. Dia tidak ingin langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukannya sebagai bagian dari pejabat di kabinet Jokowi-JK terganggu oleh urusan politik. ”Seluruh perhatian tetap saya konsentrasikan kepada bagaimana menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan presiden,” ucapnya. (lum/syn/c10/oni/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan