OSN Tingkat Provinsi Jawa Barat Sedang Berlangsung

BANDUNG – Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tingkat Provinsi Jawa Barat sedang berlangsung dari tanggal 16 April hingga 19 April 2018.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat Firman Adam memberikan pengarahan dan berharap para peserta bisa menjadi anak bangsa yang mandiri, mempunyai etos kerja yang baik, kreatif, dan mencintai tanah air. Apalagi, menurut dia peserta yang hadir merupakan siswa tebaik di wilayahnya.

”Adik-adik yang sudah di sini merupakan adik-adik yang sudah menjadi juara, juara di tingkat kabupaten/kota. Yang hadir di sini sudah betul-betul terbaik, setelah itu ditentukan di tingkat nasional. Yang namanya kompetisi dan seleksi tentu harus ada yang terbaik,” ujar Fiman dalam acara pembukaan OSN SMA Tingkat Provinsi Jawa Barat di Hotel Pesona Bambu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (16/4) lalu.

Sementara itu ditemui pada acara yang sama, Kepala Pendidikan Menengah Atas Yesa Sarwedi mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan OSN SMA Tingkat Provinsi Jawa Barat ada tiga.

”Pertama untuk mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta, berkarakter dan berprestasi. Sehingga mampu berkontribusi sebagai pionir pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang baik. Kedua, menyeleksi siswa yang memiliki kompetensi dan kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu pada bidang matematika, fisika, kimia, informatika atau komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian dan geografi. Ketiga, mendapatkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Provinsi Jawa Barat untuk olimpiade sains tingkat nasional serta menciptakan atmosfir kompetisi yang sehat,” kata Yesa.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap, masing-masing tahap berisi tiga mata pelajaran yang dilombakan. Ketiga tahap tersebut yaitu, tahap pertama pada 16-17 April 2018 dengan mata pelajaran matematika, fisika dan kimia, diikuti oleh 314 peserta dan 81 pendamping.

Tahap kedua, dengan mata pelajaran biologi, informatika dan astronomi, diikuti oleh 317 peserta dan 81 pendamping. Terakhir adalah tahap ketiga, dilaksanakan 18-19 April 2018, dengan mata pelajaran Ekonomi, kebumian dan geografi, dan jumlah peserta mencapai 312 orang dan 81 penamping.

Total keseluruhan peserta adalah 943 dengan jumlah pendamping sebanyak 243. Yang hadir kali ini merupakan perwakilan tingkat kabupaten/kota yang sudah melaksanakan perlombaan OSN tingkat kabupaten/kota pada bulan Februari kemarin. (leo/azu)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan