Ortu Siswa Ngeluh, Wajib Beli Buku Paket

SOREANG – Para Orang Tua Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bandung kembali mempertanyakan tentang diwajibkannya pembelian buka paket yang dikeluarkan beberapa sekolah di Kabupaten Bandung.

Seperti yang dikeluhkan salah satu orang tua siswa SD di kecamatan Cangkuang, menurutnya dirinya mendapatkan wa dari wali kelas untuk memberi buku paket dengan harga Rp.63.500 per buka. Buku yang hatus dibeli siswa diantaranya buka tema 9 kayanya negeriku, tema 7 indahnya keragaman dinegeriku, tema 6 cita citaku.

“Saya mendapatkan edaran wa dari grup otang tua siswa yang disebar dari wali kelas. Untuk meningkatkan pembelajaran anak anak kami, agar membeli buku kurtilas semester dua,” jelas Orang tua Siswa SDN Dahniar kepada Wartawan di soreang senin (8/1)

menurutnya, bagaimana dengan program pemerintah yang selalu mensosialisasikan kepada sekolah agar tidak menjual atau mengarahkan siswa untuk tidak membeli buku. Karena proses pendidikan gratis. Karena, sudah ditanggung pemerintah dengan Dana Oprasional Sekolah (BOS). Sehingga pemerintah terus mewajibkan anak usia sekolah wajib belajar, karena wajardiknas dilaksanakan secara gratis.

“Kalau harga satu buku 63.500, dan harus membeli sekitar 4 buku. Ya sangat memberatkan orang tua, apalagi bagi orang yang kurang mampuh,” akunya

Lebih lanjut, ia memperlihatkan edaran wa yang beredar di kalangan grup orang tua siswa. Mohon maaf ibu bapa mengganggu waktunya, ada beberapa informasi yang akan disampaikan.

1. Untuk pembelajaran putra/putri di semester dua seluruh kelas 1-5 sudah mulai menggunakan kurikulum 2013.

2. Dalam proses pembelajaran khususnya putra/ putri kelas 4 seperti biasa menggunakan buku panduan atau buku pegangan tematik dari tema 6-9 untuk di semester dua tidak ada buku lain selain buku tematik sebagai buku pegangan putra putrinya.

3.Untuk semester dua ketersediaan buku tematik dari tema 6-9 kelas 4 khususnya disekolah belum memiliki termasuk kelas yg lainya. (Hampir seluruh sekolah belum memiliki)

4.Alternatifnya kemarin saya mencoba survey mencari informasi ke beberapa toko buku di Soreang-Banjaran hanya ada di banjaran dan itupun sudah habis, harganya untuk satu bukunya 28 ribu/tema.

5.Setelah didapat informasi mengenai buku tema sebagai buku pegangan selama satu semester, untuk pembelian bukunya mangga ibu bapa bisa mengkordinirnya di salah satu orang tua siapa, atau bisa langsung membeli ke toko bukunya langsung atau juga bisa mencari ke toko buku yg lain.

Tinggalkan Balasan