Ormawa Expo Bentuk Penguatan Soft Skill Mahasiswa

UPACARA Pelantikan Mahasiswa Baru (UPMB) Mahasiswa Universitas Trilogi, Trilogi tahun ini cukup istimewa. Tak seperti tradisi sebelumnya, UPMB kali ini dibarengi dengan pelaksanaan Organisasi Kemasiswaaan Expo (Ormawa Expo).

Pengelola Universitas Trilogi sengaja melakukan usaha penguatan soft skill mahasiswa baru. Termasuk mempersiapkan mental mahasiswa saat memasuki proses perkuliahan.

Rektor Universitas Trilogi, Aam Bastaman mengatakan sebelum pelaksanaan UPMB, kegiatan ini telah jauh-jauh hari dilaksanakan civitas akademika yang lebih difokuskan dan ditujukan untuk penguatan karakter mahasiswa baru.

Menurut Aam, selain sebagai wadah penguatan akademik, kampus juga harus menjadi kawah candradimuka bagi mahasiswa untuk belajar berorganisasi. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori terkait dengan program studi yang diminatinya.

“Tetapi lebih dari itu, mereka harus mampu menjadi leader dalam menyelesaikan beragam persoalan. Baik yang terkait dengan dirinya, masyarakat maupun bagi bangsa dan negara ini,” ujar Aam di sela-sela UPMB Universitas Trilogi dan Ormawa Expo di Kampus Universitas Trilogi di Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (15/9).

Aam menjelaskan, selain pentingnya aspek akademis, pengalaman berorganisasi dan memanajemen banyak pikiran orang juga sama pentingnya.

“Dengan demikian, kita harapkan ketika mereka menjadi alumni kampus ini pada 4 tahun yang akan datang, mereka bisa tampil prima dimanapun mereka berkiprah,” jelas dia.

Universitas Trilogi juga rutin menyelenggarakan agenda prakuliah. Prakuliah ini sendiri berlangsung dari bulan Maret hingga Agustus 2018. Kegiatan ini juga dirancang untuk mempersiapkan mental dan pengetahuan mahasiswa baru dengan dunia perkuliahan itu sendiri.

“Sehingga ketika mereka mulai memasuki proses pembelajaran pertama kali, mereka siap 100 persen,” ujar Ketua Pelaksana UPMB 2018, Dian Ruslan.

Dia menambahkan, UPMB Universitas Trilogi ini diikuti lebih dari 600 mahasiswa. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan beasiswa secara simbolik kepada mahasiswa baru.

“Beragam jenis beasiswa yang berhasil diraih oleh mahasiswa baru Universitas Trilogi diantaranya adalah beasiswa akademik, beasiswa prestasi nonakademik, beasiswa bidik misi dan ada juga beasiswa bagi keluarga dosen/karyawan Universitas Trilogi,” pungkasnya. (yes/JPC/ign)

Tinggalkan Balasan