72

Obral Janji Tuntaskan Masalah Kota

Ke Tiga Kandidat Paparkan Berbagai Solusi

ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES
DEBAT PILWALKOT: Pasangan Calon Walikota (Pilwalkot) Bandung memparkan visi dan misi dalam acara Debat Pilwakot Bandung kedua di Hotel Holiday Inn, Jalan Djunjunan, Kota Bandung, kemarin (15/4).

BANDUNG – Acara debat publik untuk kandidat calon Wali Kota Bandung yang berlangsung di Hotel Holi­day Inn seperti biasanya para calon pasangan memaparkan visi dan misi untuk melanjutkan pembangunan di Kota Kembang selama limatahun kedepan.

Pada Acara debat yang di siarkan langsung oleh salah satu TV swasta nasional ini memilih tema, “Tahu Masalah Tahu Solusi”.

Pada kesempatan pertama Pasangan nomor 2 Yossi Irianto-Aries Supriatna mendapat giliran mejelaskan berbagai janji-janji untuk memberikan kemudahan dalam mempe­roleh kebutuhan pokok dengan harga murah seperti sandang, pangan papan.

Yosi yang pada waktu itu memamaparkan janjinya mengucapkan, kebutuhan pokok dengan harga murah akan diberikan kepada warga kota Bandung berpenghasilan rendah.

Selain itu, untuk masalah lingkungan di Kota Bandung di hadapan audice Yosi ber­tekad akan melakukan pena­taan dan pembenahaan dalam pengelolahan sampah kota. Sehingga, keadaan Kota Bandung menjadi Kota besih dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan tersebut Yossi dan pasangannya Aries menggunakan slogan yang di abdopsi dari Wali Kota sebelumnya seperti, “Bandung Juara Berkeadilan”.

Pada kesempatan lainnya pasangan nomor 3 Oded M Danial dan Yana Mulyana akan mencanangkan Kota Bandung sebagai Kota Religius dengan membuat kembali program-program keagamaan di masyarakat. Dia menginginkan, masalah pendidikan moral di tengah masyarakat akan menjadi perhatian serius dengan membuat berbagai program keagamaan.

Selain itu, masalah penanganan Banjir kota akan menjadi prioritas dalam penataan kota dan mengajak masyarakat cinta lingkungan.

Sedangkan pasangan calon terakhir Nurul Arifin dan pasangannya Chairul Yaqin Hidayat memberikan perhatian khusus kepada keberadaan perempuan di Kota Bandung.

Mantan artis senior ini mengungkapkan, di Kota Bandung ternyata masih ada warga yang membeli air hanya untuk minum karena belum tersalurkannya air bersih. Melihat kondisi ini, dalam paparannya Nurul bertekad akan membenahi permasalah yang ada secara bertahap dan berkesinambungan.

Pada kesempatan debat tersebut, KPU Kota Bandung menghimpun pertanyaan dari warga melalui laman mereka, untuk disampaikan kepada para calon wali kota.

Untuk pertanyaan yang datang dari warga pasangan Oded dan Yana ditantang untuk menjawab pertanyaan mengenai penanganan anak jalanan.

Mendapat pertanyaan itu Oded berkomentar, penanganan Anjal harus dialakukan secara komperhenship dengan melibatkan berbagai unsur. Sebab, permasalahan anjal muncul pada awalnya dari adanya permasalahan dalam keluarga.

’’Saya punya keyakinan masalah ini diselesaikan mulai dari rumah tangga sampai tempat pendidikan secara formal,” kata Oded menjawab dengan suara tegas.

Sedangkan untuk pertanyaan yang berasal dari Panelis, Antik Bintara  mengajukan pertanyaan mengenai, masalah demografi dan banyaknya urbanisasi sehingga menjadi masalah sosial di Kota Bandung.

Mendengar timpalan tersebut Oded dengan cekatan menjawab, bahwa selama dia menjabat wakil Wali Kota, Pemkot Bandung pernah melakukan koordinasi dengan daerah asal anak jalanan agar direhabilitasi di sana.

“Bukan hanya rehabilitasi dan pendampingan, tapi pemkot harus hadir membina keberadaan mereka,” kata Yana menambahkan. (mg1/yan)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.