Nasib Essien Tergantung Gomez

BANDUNG – Nasib Michael Essien dan Ezechiel N Douassel, dua pemain asing ini dipastikan untuk sementara aman, dan tidak akan dicoret dari skuad Maung Bandung. Meskipun sebelumnya pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez menginginkan striker asal Argentina Jonathan Jesus Bauman untuk menambah daya dobrak Maung Bandung.

Kepastian tak akan dicoretnya Essien dan N Douassel, dipastikan Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono. Dia bahkan menyebut jika kabar yang beredar itu hanya berupa rumor, karena melihat Essien saat itu tidak bermain lantaran cedera. Meskipun kabar beredar menyebutkan jika Ezechiel N’Douassel dan Michael Essien kontraknya bakal diputus untuk memberi jalan kepada pemain asing anyar, Jonathan Jesus Bauman.

Salahsatu alasan dua pemain asing itu masih dipertahankan menurut Kuswara lantaran mereka masih terikat kontrak. Karena hal itu, untuk sementara ini nasib dua pemain asing itu masih aman, karena Persib tidak bisa mendatangkan pemain asing anyar lagi. Kuotanya sudah habis. ” Sampai saat ini yang kami ketahui sudah diikat kontrak makanya kita tidak bisa masuk ke wilayah teknis. Apakah nanti di launching ada sosok pemain asing yang akan muncul, sampai saat ini belum ada,” kata Kuswara saat dikonfirmasi wartawan di Graha Persib.

Selain itu sebut dia, salahsatu kendala lainnya jika keukeuh akan mendatangkan pemain asing salahsatu jalannya dari barter atau transfer pemain. Meski demikian, kata Kuswara hal itu merupakan domain pelatih dan pihaknya tidak bisa memberhentikan pemain tanpa terlebih dahulu adanya persetujuan dari pelatih. ”Kalau manajemen sih sampai saat ini pemain yang sudah berlatih itulah yang akan memperkuat persib di Liga 1 nanti,” tandasnya.

Seperti diketahui, pada Liga 1 2018, administrator kompetisi berketetapan menggunakan regulasi 3+1. Tiap klub hanya bisa mendaftarkan maksimal tiga pemain asing saja. Bisa melakukan penambahan satu pemain lagi, namun wajib berasal dari negara-negara Asia anggota AFC.

PT LIB menghapus regulasi marquee player. Pada musim lalu, klub bisa mendaftarkan pemain asing hingga Lima orang, asal statusnya marquee player.

Definisi soal marquee player masih jadi berdebatan, karena PSSI terkesan abu-abu mematok standarnya. Pemain Asia yang berkiprah di Indonesia standarnya tinggi. Sesuai pasal 29 Regulasi Liga 1 2018 soal Strata dan Verifikasi Pemain Asing, pemain asing yang bersangkutan harus aktif di timnas negaranya selama dua tahun terakhir, dengan jumlah caps di atas 25 persen dari total pemain resmi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan