Mueller memang Killer

JUPP Heynckes dianggap sosok yang mampu mengembalikan stabilitas performa Bayern Muenchen.  Tapi, sebetulnya ada sosok lain yang membuat Bayern kembali solid.  Dia adalah Thomas Mueller. Saat Mueller mengalami cedera dan absen sejak akhir Oktober hingga November lalu, Bayern sempat limbung.

Tapi, setelah Mueller pulih dari cedera otot, Bayern pun kembali menggeliat. Total, dari 14 pertandingan bersama Mueller, Bayern selalu menang. Salah satunya adalah kemenangan telak 5-0 atas Besiktas kemarin. Striker 28 tahun itu mencetak dua gol. Itu adalah golnya yang kesembilan musim ini dari 28 penampilan.

”Bila dia (Mueller) tidak cedera selama lima pekan, saya yakin golnya lebih banyak lagi. Dia bukan sekadar kuat, dia juga piawai memotivasi pemain lain dan sangat penting di strstegi kami,” kata Jupp Heynckes kepada ESPN. ”Dengan kecepatan dan reaksinya, dia bisa menemukan tempat yang tepat. Itulah yang membuatnya unik. Itulah Mueller. Mueller yang sebenarnya,” sambung pelatih 72 tahun itu.

Pujian pelatih yang mempersembahkan treble winners bagi Bayern pada 2012-2013 itu memang bukan bualan. Bahkan, ada sebuah fakta unik dari Mueller jika mencetak gol bagi Bayern.  Yakni, Bayern tidak terkalahkan jika penggawa timnas Jerman itu mencetak gol.

Bahkan, Mueller mengatakan bahwa apa yang dilakukan bayern pada 2012-2013, atau saat mereka meraih treble winners, bisa mereka napaktilasi lagi musim ini. Salah satu tolok ukurnya adalah mayoritas personel Bayern yang tidak mengalami banyak perubahan di tiap musimnya. Ingat, pada 2012-2013 lalu, arsiteknya adalah Jupp Heynckes.

”Semua masih memungkinkan bagi kami. Yang harus kami perbaiki saat ini adalah ketajaman di babak pertama,” kata Mueller. “Sudah lima tahun sejak semua pemain berada di masa emasnya dan pelatih tidak mudah melakukannya lagi sekarang. Tapi, semua pemain tampil bagus. Arjen (Robben) selalu membuat kami lebih agresif, dan Franck Ribery melakukannya dengan baik,” lanjutnya. (io/bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan