Momen Bahagia Idul Adha di Sekolah Muhammadiyah

BANDUNG – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1439H, guru dan karyawan Sekolah Muhammadiyah Bandung dibantu masyarakat sekitar sekolah menyelenggarakan kegiatan qurban di lingkungan SD SMP Muhammadiyah, Antapani, Kota Bandung, kemarin (22/8) pagi.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Yudhi Kurnia menuturkan kegiatan ini bermula dari semangat dalam menyambut ibadah di bulan haji atau idul adha dan di isi dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban yang berasal dari tabungan qurban guru dan juga infaq pembelajaran siswa dalam idul Qurban.

”Alhamdulillah kegiatan ini sudah terlaksana lebih dari 10 tahun. Dari tahun ke tahun cenderung meningkat dari Jumlah titipan hewan qurban dan infaq yang terkumpul,” tuturnya saat dihubungi Jabar Ekspres, Rabu (22/8) siang.

Untuk tahun ini, ada 13 ekor sapi yang disembelih. Di antaranya 13 ekor sapi itu, tiga ekor sapi diberikan kepada masyarakat sekitar ke tiga RW yang berada di wilayah sekolah. Kemudian ada 13 ekor kambing yang diterima, dua di antaranya diberikan ke sekolah Muhammadiyah di sekitar wilayah Antapani dan Kiaracondong.

Untuk kepanitiannya, kata Yudhi, ada 100 orang yang terlibat mensukseskan kegiatan qurban ini, baik dari pihak sekolah maupun dari masyarakat sekitar. Kegiatan qurban ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB hingga seluruh distribusi selesai dilakukan. Pendistribusian hasil qurban ini dibagikan ke beberapa binaan dakwah di daerah Cimenyang dan panti asuhan binaan Muhammadiyah.

”Pelaksanaan kegiatan qurban tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, namun perbedaan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha, dimana sekolah dalam BTM Masjid Al Irfani (Masjid Sekolah) melaksanakan shalat bergabung dengan DKM Masjid Kalijaga. Sehingga jumlah jamaah menjadi lebih banyak yang sholat di sekolah,” lanjut Yudhi.

Untuk pelaksanaan qurban selanjutnya, Yudhi berharap, kepanitiaan lebih dipersiapkan lagi jauh waktu sebelumnya, dengan begitu maka semakin banyak yang akan menitipkan dalam bentuk saham sapi ataupun kambing. Serta panitia mampu untuk bisa berbagi lebih banyak lagi tidak satu ekor satu RW namun lebih dari itu.

”Selanjutnya, lebih banyak lagi yang menerima daging hewan qurban yang di distribusikan terutama untuk saudara-saudara yang membutuhkan. Juga mengaktifkan tabungan qurban yang dikelola oleh koperasi sekolah, sehingga dengan demikian harapan semakin banyaknya hewan qurban yang di sembelih akan lebih bisa di realisasikan,” harap Yudhi. (azu)

Tinggalkan Balasan