Messi Tetap Manusia

BARCELONA – Kekalahan itu akhirnya datang juga. Setelah 29 pertandingan tanpa pernah tergelincir Barcelona kembali membumi. Musim ini selain Real Madrid, Espanyol jadi klub kedua yang mencorengkan arang ke wajah Lionel Messi dkk.

Pada pertemuan pertama perempat final Copa del Rey kemarin (18/1) di Stadion Cornellà-El Prat, Espanyol berhasil menekuk Barca 1-0. Rencananya pertemuan kedua akan digelar Jumat (26/1) mendatang di Camp Nou.

Gol tunggal Espanyol kemarin diciptakan Oscar Melendo pada menit ke-88. Kemenangan dalam Derbi Barceloni yang dicapai anak asuh Quique Flores Sanchez  kemarin bukan sekedar mempermudah jalan menuju partai semifinal. Melainkan juga  kemenangan kembali Periquitos setelah paceklik menang selama sembilan tahun.

Kiper Espanyol Diego Lopez mendapat apresiasi yang sangat tinggi kemarin. Bekas kiper Real Madrid dan AC Milan itu memblokade eksekusi penalti Lionel Messi (62′). Wasit Ricardo De Burgos memberikan hadiah penalti buat Blaugrana karena gelandang Espanyol Esteban Granero mengganjal bek Barca Sergi Roberto

Kegagalan La Pulga kemarin adalah yang ketiga kalinya musim ini dari enam kesempatan yang dimiliki. Sepanjang karirnya bareng Barca, Messi jadi algojo penalti 81 kali dan 63 diantaranya sukses.

Nah, jikalau ditotal dalam empat pertemuan Lopez versus Messi, angka persentase kesuksesan penalti Messi hanya 50 persen. Empat kali berhadapan, kiper 36 tahun itu berhasil menghalau dua diantaranya.

“Setiap (menemui) penalti selalu sulit, lebih-lebih kalau eksekutornya Leo Messi. Namun hari ini (kemarin, red.) saya keluar sebagai pemenang,” kata Lopez kepada Sport kemarin.

Lopez patut bangga dengan penyelamatan yang berhasil dilakukannya kemarin. Dalam rekam jejak Messi sebagai penendang penalti, selain Lopez hanya Ruben Martinez (kiper Deportivo La Coruna) yang bisa mengblokade eksekusi penalti Messi sampai dua kali.

Cuma kiper kelahiran Paradela Spanyol itu tidak mau terlalu bersuka ria atas kemenangan kemarin. Sebab masih hangat dalam ingatan Lopez bagaimana musim lalu Barca menjungkirkan prediksi banyak pihak saat bertemu PSG di 16 besar Liga Champions. Pasca kalah 0-4 di pertemuan pertama di Paris, Barca memukul balik PSG dengan menang 6-1 di kandang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan