Menpan Berikan Nilai Sakip B

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berhasil meningkatkan raihan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari predikat CC pada tahun 2016 menjadi predikat B untuk tahun 2017.

Ini merupakan untuk melengkapi keberhasilan dalam pengelolaan keuangan daerah yang ditandai dengan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Penyerahan penilaian SAKIP tersebut diterima langsung Bupati Bandung Dadang M. Naser, dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) RI Dr. H. Asman Abnur, S.E., M.Si di Radisson Golf and Convention Center Batam Kepulauan Riau, kemarin (25/1).

Dadang menyampaikan, terimakasihnya kepada seluruh aparatur atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas serta kekompakan membangun sinergitas dalam pelaksanaan SAKIP. Namun, keberhasilan ini jangan menjadi puas. Tetapi, harus meningkatkan kinerja lebih baik lagi.

Dia juga berharap, dalam perencanaan dan penyusunan program tahunan pada masing-masing Perangkat Daerah (PD) untuk menghindari terjadinya penghamburan anggaran pada program yang tidak memiliki implementasi pada pembangunan.

Selain itu, jangan berpikir penggunaan anggaran hanya untuk mencapai penyerapan anggaran maksimal. Namun, tidak diperhatikan capaian indikator kinerjanya.

Dadang mengatakan, pada 2015 Kabupaten Bandung hanya memperoleh predikat CC dengan nilai 50,35. Kemudian pada 2016 mendapatkan nilai sama. Namun, pada kali ini predikat B diraih dengan perolehan nilai 63,03.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira menambahkan, peningkatan penilaian dari tahun ke tahun patut disyukuri. Sehingga, harus dijadikan pemacu dan motivasi untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Bandung.

Prestasi ini menurutnya menandakan komitmen Bupati Bandung mewujudkan efektivitas dan efisiensi Pemkab Bandung untuk pencapaian visi misi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan