Menlu Ramaikan Kirab Obor

YOGYAKARTA – Obor api Asian Games 2018 diarak keliling Kota Yogjakarta. Rutenya sejauh 11,5 km. Selanjutnya, obor api akan dibawa ke Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Prosesi kirab diawali dengan pelepasan obor api Asian Games di Pagelaran Keraton Jogjakarta. Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan obor api kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

”Ibu Menteri berkenan untuk ikut membawa obor, memberikan semangat kepada seluruh atlet Indonesia yang akan bertanding. Mari bersama berdoa dan mendukung para atlet agar bisa meraih prestasi terbaik,” kata Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Heryanto, kemarin (19/7).

Setelah menerima obor, Menlu membawanya lari sepanjang 100 meter di kawasan Alun-alun Utara. Kemudian secara bergantian, obor dibawa beberapa pejabat lain. Seperti Kapolda DIJ Brigjend Pol Ahmad Dofiri dan Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Tedi Rizalihadi.

Obor api Asian Games 2018 kemudian diarak melintasi Jalan Malioboro, Gondomanan, Pojok Beteng Wetan. Lalu ke arah Barat menuju tempat finish di Tugu Jogjakarta.

Selama melintasi jalan di Kota Jogjakarta, baik warga maupun pelajar sekolah ikut berpartisipasi. Mereka menyambutnya dengan berdiri di tepi jalan sekaligus menjadi saksi sejarah perhelatan olahraga internasional.

Di Tugu Jogjakarta, Wali Kota Jogjakarta Haryadi Suyuti sudah menunggu obor. Kemudian diserahkan ke panitia Inasgoc untuk dibawa ke Solo, Jateng.

Retno Marsudi usai berlari membawa obor mengatakan, pihaknya ingin memberikan semangat kepada penyelenggara dan semua bangsa Indonesia. ”Bahwa kita memiliki kebanggaan menjadi tuan rumah Asian Games,” kata Retno.

Dia juga berharap agar pihak penyelenggara bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Serta untuk para atlet yang bertanding bisa mencapai prestasi terbaiknya. ”Ayo semangat bertanding sportif,” seru Retno.

Obor api Asian Games sempat diinapkan di Pagelaran Keraton Jogjakarta. Setelah sebelumnya disatukan 2 api dari sumber di Mrapen Purwodadi dan New Delhi India di kompleks Candi Prambanan, Rabu (18/7) malam. (dho/JPC/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan