Mengenal Challenge Viral yang Membahayakan Nyawa

31

SEORANG remaja berusia 15 tahun di California tewas setelah memainkan permainan pass out challenge, di Indonesia dikenal dengan skip challenge. Saat terjatuh karena kehilangan kesadaran, David Nuno tidak sengaja menabrakkan wajahnya ke gelas kaca yang sukses melukai lehernya.

Dengan leher yang mengalami pendarahan hebat dan sedikit sisa tenaganya, David masih sempat meminta bantuan ayahnya yang kebetulan sedang berada di rumah. Tapi karena pendarahan hebat, nyawa David tetap tak tertolong meski sempat dilarikan ke rumah sakit.

Seorang polisi mengatakan bahwa David dan teman-temannya baru saja menonton video di YouTube tentang permainan pass out challenge. Ironisnya, itu adalah percobaan pertamanya setelah melihat video permainan pass out challenge dari YouTube.

Perkembangan media sosial sangat mempengaruhi kehidupan manusia di zaman sekarang. Buktinya saat ada tren tertentu di media sosial, banyak orang yang ikut-ikutan melakukannya. Hal itu langsung menjadi viral dengan cepat. Hal ini juga menjadi faktor yang menyebabkan munculnya berbagai challenge di internet yang viral ke seluruh dunia. Meskipun kebanyakan challenge terlihat tidak berbahaya, tetapi terdapat beberapa jenis challenge yang cukup berbahaya untuk dilakukan. Bahkan banyak remaja yang mengalami cedera dan kematian akibat mencoba challenge berbahaya tanpa memikirkan dampak buruknya. Inilah challenge-challenge viral dunia yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Cinnamon challenge

Challenge yang sempat viral 5 tahun yang lalu ini dinilai berbahaya untuk anak-anak. Tujuan dari permainan ini adalah mencoba memakan 1 sendok kayu manis bubuk dengan sekali telan. Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Aroma yang menyengat dan tekstur kayu manis yang kasar dapat membuat sistem pencernaan dan pernafasan kita tersedak karena terlalu banyak bubuk yang masuk. Viralnya challenge ini menyebabkan sebuah kasus kematian dari seorang anak berusia 4 tahun yang mengalami sesak nafas karena mencoba melakukan cinnamon challenge. Anak tersebut akhirnya pingsan karena sesak nafas dan dibawa ke rumah sakit. Namun akhirnya anak tersebut tidak dapat diselamatkan karena bubuk kayu manis sudah masuk ke paru-paru dan menyumbat saluran pernafasan.

 Banana peel challenge

Viral pada awal tahun 2016, banana peel challenge terinspirasi dari salah satu adegan yang populer dari film kartun, dimana tokoh kartun seringkali jatuh karena terpeleset karena kulit pisang. Dari konsep ini, banyak orang yang melakukan aksi sengaja jalan diatas kulit pisang untuk membuktikan hal tersebut. Hasilnya tentu benar, banyak orang yang jatuh terpeleset dan tidak sedikit orang yang cedera karena terjatuh ke arah yang tidak terduga. Meskipun belum ada kasus kematian akibat challenge ini, dalam sejarah terdapat kasus dimana seseorang terjatuh ke dalam rel kereta bawah tanah akibat terpeleset kulit pisang.

 Chubby bunny

Chubby bunny challenge sudah menjadi permainan yang tidak asing di Indonesia. Permainan ini bertujuan untuk menguji seberapa banyak marshmallow yang dapat masuk ke dalam mulut pemainnya yang kemudian mengucapkan “chubby bunny” dengan marshmallow dalam mulutnya. Challenge ini mulai viral di Youtube sejak tahun 2005. Sekilas chubby bunny terlihat seperti challenge yang tidak berbahaya, akan tetapi pada tahun 2005 terdapat 2 kasus kematian yang disebabkan oleh chubby bunny challenge. Salah satunya adalah seorang anak 12 tahun yang tercekik karena terlalu banyak memasukkan marshmallow hingga tidak bisa bernafas ketika melakukan permainan chubby bunny.

Duct tape challenge

Challenge ini populer dari berbagai video prank di Youtube. Remaja mengikat temannya di sebuah kursi dengan balutan lakban yang sangat erat. Kemudian mereka merekam reaksi korban berusaha untuk melepaskan dirinya. Terdapat kasus kecelakaan akibat challenge ini. Seorang remaja berusia 14 tahun di Amerika Serikat melakukan duct tape challenge dengan posisi berdiri. Akibatnya, ia kehilangan keseimbangan ketika mencoba melepaskan dirinya dan akhirnya jatuh ke depan dengan posisi kepala terlebih dahulu. Ketika terjatuh, korban terkena benturan jendela hingga jatuh di aspal.

 Hot chili challenge

Challenge ini juga sempat populer di berbagai video online dunia. Para remaja mencoba menguji ketahanannya dengan memakan berbagai jenis cabai dan merekam reaksinya. Cabai jenis carolina reaper menjadi cabai yang paling banyak digunakan karena dianggap sebagai jenis cabai yang memiliki tingkat pedas paling tinggi. Terdapat banyak kasus akibat challenge ini. Banyak remaja yang dilaporkan mengalami halusinasi dan pingsan akibat efek pedas setelah melakukan hot chili challenge. Pada tahun 2008, dua sahabat berkompetisi untuk menentukan siapa yang dapat membuat saus cabai terpedas. Andrew Lee yang berusia 33 tahun berhasil menciptakan saus terpedas yang ia habiskan sendiri dan memberikan dampak yang mengerikan. Lee merasakan efek gatal yang hebat dan jantung yang berdetak sangat cepat hingga akhirnya ditemukan meninggal akibat serangan jantung.

 Ice bucket challenge

Ice bucket challenge menjadi jenis challenge paling populer di tahun 2014. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga selebriti melakukan challenge ini. Seseorang menyiramkan seember air dan es yang sangat dingin pada diri sendiri sebagai bentuk gerakan amal bagi para penderita penyakit ALS, semacam penyakit yang menyerang sistem motorik manusia. Terdapat kasus kematian akibat challenge ini ketika sekelompok grup marching band dari Kentucky, Amerika Serikat membuat ice bucket challenge besar-besaran yang melibatkan petugas pemadam kebakaran untuk menumpahkan air tersebut. Ketika aksi dilakukan, salah satu petugas pemadam kebakaran dilaporkan meninggal akibat tersetrum kabel aliran listrik setelah menumpahkan ember besar ice bucket challenge.

 Choking challenge

Di Indonesia, challenge ini lebih dikenal dengan nama ‘skip challenge’. Permainan ini sebenarnya sudah lama dikenal sebelum kemunculan platform Youtube. Setelah platfrom video online banyak digunakan, challenge ini dengan cepat tersebar ke seluruh dunia. Challenge ini bertujuan untuk membuat seseorang pingsan dengan sengaja menahan nafas dan menekan dada pemain hingga pingsan. Kasus kematian pernah terjadi akibat permainan ini. Seorang remaja bernama David Nuno meninggal setelah terjatuh ketika pingsan dan mengenai gelas yang melukai lehernya.

 Blue Whale Challenge

Permainan ini merupakan layanan microblogging yang memberikan tantangan selama 50 hari. Tantangannya sangat beragam, sekaligus tidak manusiawi. Mulai dari menonton film horor thriller di jam tertentu sampai melukai diri sendiri. Memang ada tantangan menggambar ikan paus, tapi dilakukan di bagian tubuh dengan senjata tajam. Setiap level tantangan, peserta harus mengirimkan foto dan bukti kepada kurator. Kurator jugalah yang akan memandu setiap tantangan melalui chatting, blog, maupun percakapan pribadi. Permainan selesai bila peserta bunuh diri dan meninggalkan pesan “goodbye” atau “end” di media sosialnya.

 Momo Challenge

Challenge yang sedang viral baru-baru ini adalah Momo Challenge. Challenge yang satu ini berawal dari Facebook dan YouTube. Melalui media sosial tersebut, kita diminta untuk menambahkan nomor Momo ke akun Whatsapp yang kita miliki. Setelah itu, Momo akan mengirimkan tantangan yang harus diselesaikan dalam beberapa hari. Di hari terakhir, korban akan ditantang oleh Momo untuk bunuh diri. Jika kita tidak melakukan tantangan yang diberikan, Momo akan meneror kita dengan ketakutan-ketakutan tanpa henti. Sampai berita ini ditulis, seorang remaja di Argentina meninggal dunia karena mengikuti tantangan tersebut.

Kiki Dance Challenge

Demam Kiki Dance Challenge alias In My Feelings Challenge masih berlangsung hingga hari ini. Challenge yang satu ini bermula ketika akun Instagram bernama The Shiggy Show mengunggah video koreografi menggunakan lagu milik Drake yang berjudul In My Feelings. Namun, entah bagaimana koreografi tersebut berkembang menjadi dance challenge di samping mobil yang sedang berjalan. Challenge ini berbahaya karena sebagian orang melakukannya benar-benar di jalan raya saat mobil sedang melaju. Dikhawatirkan, mereka yang sedang melakukan challenge ini tertabrak kendaraan atau bahkan terjatuh.

 Hot Water Challenge

Ada lagi challenge berbahaya yang sedang viral saat ini, yakni Hot Water Challenge. Pada challenge ini orang-orang ditantang untuk menyiram atau meminum air mendidih. Tantangan ini sangat berbahaya karena air mendidih dapat menyebabkan luka bakar stadium ketiga bahkan kematian. Sebenarnya, Hot Water Challenge sudah viral sejak lima tahun yang lalu. Entah mengapa saat ini tantangan tersebut viral kembali.

 Planking Challenge

Sekitar tahun 2011 lalu, Planking Challenge juga sempat viral dan dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia. Planking Challenge adalah tantangan untuk tidur tengkurap dengan posisi tubuh yang lurus dan kaku. Tantangan ini menjadi berbahaya lantaran beberapa orang melakukannya di berbagai tempat tanpa memikirkan keselamatan dirinya sendiri.

Lip Challenge

Tantangan ini pertama kali disebarkan oleh Kylie Jenner dan dengan cepat menjadi tren di kalangan wanita. Tantangannya cukup mudah, Anda cukup meletakkan gelas kecil ke bibir dan mulai mengisap dengan kuat sampai bibir membesar dan memerah. Meski terlihat lucu, tantangan ini dapat membuat pembuluh darah di bibir pecah.

1Eraser Challenge

Penghapus merupakan benda yang biasanya digunakan untuk mengoreksi tulisan yang salah. Namun, apa jadinya jika penghapus dipakai untuk menghapus kulit? Pasti akan menimbulkan luka yang tidak ringan. Meski sempat viral di internet, jangan pernah mencoba Eraser Challenge.

 Banana Sprite Challenge

Pada dasarnya tantangan ini menguji sejauh mana perut mampu bertahan sebelum sensor muntah mulai bekerja. Cara kerjanya adalah memasukkan dua pisang berukuran besar, kemudian diakhiri dengan minum sebotol Sprite. Saran: jika masih mencintai tubuh dan hidup jangan lakukan tantangan ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.