Melawan Ego

69

PERNAH merasa melawan ego teman-teman? Mungkin kita pernah sakit hati, baper sama orang. Pasti rasanya enggak nyaman, tak ingin menyapa ataupun say hello duluan. Yang ada kita cuma bersikap pasif dan berharap dia duluan yang nyapa dan say hello sama kita. Inilah yang namanya ego!

Berat memang melawan ego di dalam diri kita sendiri, dan ini sering kita alami dalam kehidupan kita. Terus bagaimana kita menjaga ego kita, sehingga kita bisa menjaga silaturahmi,berdamai dengan orang-orang di sekitar kita? Ada banyak cara untuk kita bisa melawan ego dalam kehidupan ini. Namun saya akan bahas tiga saja insya Allah.

Pertama, “Jangan malu meminta maaf”.  Ini merupakan hal yang sulit dan berat biasanya teman-teman sekalian, yang membuat sulit dan berat inilah yang di sebut ego. Karena sulit dan berat, maka besar sekali pahalanya. Makin berat ego yang kita lawan, makin besar pahala yang kita dapat. Dan dalam kitab fiqih juga disebutkan “balasan itu tergantung sulitnya beramal”. Padahal gampang meminta maaf, itu merupakan cara hamba agar dicintai Allah SWT.

Yang kedua, “belajar memaafkan”. Kalau kita memaafkan orang lain, Allah akan memaafkan kita. Lebih baik kita membereskan urusan kita dalam perselisihan di dunia dari pada nanti di akhirat.

Rasulullah pernah bersabda “Tidak akan sempurna iman seseorang, sampai dia menyambung silaturahmi kepada orang yang telah memutuskannya. Dan menolong kepada orang yang tidak pernah menolongnya. Dan dia berbuat baik kepada orang yang telah menyakitinya, serta memaafkan orang yang telah menghinanya”.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.