Melatih Kemampuan Berpikir Logis dengan Software Gratis

PERKEMBANGAN teknologi informasi yang pesat saat ini, sayang jika tidak di manfaatkan dengan baik terutama dalam dunia pendidikan. Teknologi harus menjadi kawan setia dan juga partner sejati dalam meningkatkan berbagai kemampuan diri para peserta didik. Saat ini, sudah banyak sekali hasil produksi dari teknologi informasi yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, baik itu untuk kebutuhan pembelajaran, pelaksanaan ujian, menjadi sumber informasi, bahkan yang menangani berbagai macam keperluan administrasi dalam pendidikan. Teknologi informasi hadir untuk mempercepat serta mempermudah setiap pekerjaan dalam area pendidikan.

Dengan adanya sistem informasi, segala macam bentuk pengolahan data menjadi cepat dan mudah. Sehingga banyak waktu yang bisa dialokasikan untuk pekerjaan lainnya. Pada akhirnya kualitas dan kuantitas hasil pekerjaan akan tercapai.

Saat ini, banyak sekali produk perangkat lunak yang di gunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran sehari-hari di kelas. Dimulai dengan produk sederhana hingga komplek, dari yang gratis hingga yang berbayar juga tersedia. Jika dulu kita sangat sulit untuk mendapatkan sebuah sistem yang bagus untuk pembelajaran, saat ini kita sulit untuk memilih mana yang baik dan juga bermanfaat untuk digunakan saking semakin banyaknya produk-produk yang bertebaran.

Satu buah produk sistem informasi yang banyak di gunakan untuk melatih kemampuan logika peserta didik adalah Scratch. Software ini bersifat opensource, yaitu software yang bebas untuk di gunakan tanpa harus dituntut untuk membayar. Tujuan utama dari software ini adalah untuk pengembangan pendidikan, dan tidak heran jika konsep yang di usung oleh scratch ini adalah bagaimana membuat sebuah program yang mudah untuk digunakan dan dipahami oleh semua kalangan.

Dengan menggunakan software ini, para peserta didik akan berlatih bagaimana berpikir logis dan juga runtut. Selain itu, bentuk-bentuk bahasa pemrograman dasar terdapat dalam software ini. Penggunaan bahasa program yang ditampilkan dalam bentuk puzzle ini sangat mudah untuk dipahami oleh anak-anak sekalipun. Siapapun layak untuk mencoba software gratis ini.

Banyak hal yang bisa kita kerjakan dengan software ini terutama menyangkut cara berlatih berpikir logis. Animasi atau gambar bergerak bisa kita buat dengan menggunakan scratch ini, bahkan gamegame komputer yang cantik dan juga menarik mampu dikelola dan dilahirkan dari software ini. Selain itu, scratch adalah sebuah software pengolah grafis animasi dan juga game yang ramah anak. Banyak sekali gambar, suara ataupun contoh program yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses belajar menggunakan scratch ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan