Mangga Jawa Barat Bersiap Tembus Negeri Sakura

SEKTOR pertanian meru­pakan sektor utama yang berperan penting pada per­ekonomian nasional dalam menyerap tenaga kerja, sum­ber pertumbuhan ekonomi, dan penyumbang devisa. Di samping itu, sektor pertanian juga menggerakkan sektor lain dalam perekonomian Nasio­nal. Subsektor pertanian ta­naman hortikultura merupa­kan salah satu prioritas bagi negara Indonesia. Untuk itu sudah sewajarnya sektor per­tanian secara umum dan subsektor hortikultura secara khusus dijadikan sebagai mo­tor penggerak pembangunan untuk meningkatkan pereko­nomian masyarakat.

Subsektor hortikultura telah berkontribusi secara nyata dalam mendukung pereko­nomian nasional, baik dalam penyediaan produk pangan, kesehatan dan kosmetika, perdagangan, penciptaan produk domestik bruto mau­pun penyerapan tenaga ker­ja. Menurut Ambardi (2002) bahwa ada beberapa ciri ko­moditas unggulan, yaitu harus mampu menjadi penggerak utama (prime mover) pembangunan, dengan kata lain komoditi tersebut mempu­nyai kontribusi yang mejan­jikan pada peningkatan pro­duksi dan pendapatan.

Banyak sekali komoditi ung­gulan tanaman hortikultura untuk jenis buah-buahan, di antaranya mangga, pisang, rambutan, jeruk dan lain-lain. Buah mangga adalah salah satu komoditas unggulan yang ikut andil dalam menggerakkan ekomoni. Jenis mangga ba­nyak sekali, misalnya mangga gedong gincu, manga harum manis, mangga golek, mangga manalagi dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Di Jawa Barat Agrobisnis ko­moditas buah mangga gedong gincu dari sentra produksi di wilayah Majalengka, Indramayu, Sumedang, dan Cirebon yang memperoleh peningkatan pes­anan pasar baik domestik mau­pun ekspor. Gambaran ini menjadikan agrobisnis buah mangga gedong gincu semakin bergairah.

Sejak tahun 2005-2006 Pe­merintah Provinsi Jawa Barat kembali mempromosikan buah gedong gincu ini. Man­faat buah yang berasal dari India ini tidak perlu diragukan lagi kerena di dalam buah ini mengandung berbagai nu­trisi dan vitamin penting dan tentunya konsumennya me­mang hampir semua kalangan.

Tak heran Pemerintah Pro­vinsi Jawa Barat terus menggenjot agar buah mangga gedong gincu mejadi produk unggulan untuk diekspor. Dan sekarang membidik Jepang sebagai sasa­rannya. Walaupun sejauh ini mangga gedong gincu belum bisa menembus pasar Negara tersebut, disebabkan ketatnya aturan yang diterapkan di Ne­gara matahari terbit.

Tinggalkan Balasan