Manfaatkan Kanal untuk Pengaduan

BANDUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Sadar Lapor di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, kemarin (15/7).

Syafrudin
Wakil dari Kemenpan RB

Selain diselenggarakan di Kota Bandung, kegiatan serupa juga digelar serentak di enam kota lainnya di Indonesia, yakni di Jakarta, Makassar, Surabaya, Palembang, Banjarmasin, dan Kota Cirebon.

Kepala Diskominfo Kota Bandung,  dr Ahyani Raksanagara MM., mengungkapkan, Gerakan Sadar Lapor dengan hastag #GerakanSadarLAPOR bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membantu pembangunan pelayanan publik agar semakin baik. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan pengaduan ini untuk melaporkan masalah terkait pelayanan publik.

”Setelah masyarakat mengenal LAPOR, diharapkan dapat memanfaatkan kanal ini untuk menyampaikan pengaduan,” ujarnya.

Wakil dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Syafrudin yang hadir pada acara tersebut, mengatakan, adanya sosialisasi Gerakan Sadar Lapor yang dilaksanakan serentak di tujuh kota di Indonesia. Pemerintah pusat melalui Kemenpan RB, berharap adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengaduan layanan publik.

Pengaduan yang datang dari masyarakat akan menjadi masukan bagi pemerintah untuk memperbaiki kualitas layanan. Selama pengaduan yang diterima valid dan disertai dengan informasi yang lengkap, pemerintah akan menindaklanjuti.

”Ini sarana aspirasi dan pengaduan berbasis online yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas,” kata Syafrudin.

Layanan ini dikelola bersama antara KemenPAN RB, KSP dan Ombudsman terkait dengan masalah yang terjadi di layanan publik.

Dia berharap melalui gerakan ini masyarakat semakin sadar pentingnya budaya lapor terhadap sistem pelayanan publik di Indonesia. ”Ini sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui sarana berikut ini situs www.lapor.go.id, sms ke 1708, mobile apps LAPOR! (Android), twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor serta saluran pengaduan lain yang telah diintegrasikan.

Rangkaian kegiatan sosialisasi ini diramaikan senam zumba, pembagian goodie bag, dan juga lomba photo booth. Selain di Jakarta, acara ini juga serentak diadakan di Bandung, Cirebon, Palembang, Banjarmasin, dan Makassar. (wid/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan