Lulusannya Banyak Peminat

SEIRING dengan per­kembangan tren tata rias, kebutuhan tenaga kerja di dunia kecantikan semakin dibutuhkan. Lulusan siswa SMK pun kali ini semakin diminati oleh berbagai peru­sahaan dan industri. SMKN 2 Cirebon, membuka Program Studi Keahlian Tata Kecanti­kan dengan kompetensi keah­lian kecantikan kulit dan rambut.

Ketua Program Studi Keah­lian Tata Kecantikan, Eka Prasetianingsih mengatakan untuk lulusan Tata Kecantikan, sebelum mereka lulus ujian nasional pun biasanya sudah banyak yang meminta untuk bekerja di berbagai perusa­haan atau industri. Seperti, salon-salon kecantikan, klinik kecantikan, pabrik-pabrik, dan menjadi asisten dokter.

“Rata rata semua sudah langsung bekerja. Kalau ada permintaan setelah dia UN, itu terkadang sudah kehilangan stock. Untuk program kecan­tikan ini memang sekarang sedang dibutuhkan sekali,” ujar Eka saat ditemuin di ujar SMKN 2 Cirebon, Jalan DR. Sutomo, Kota Cirebon, Se­lasa, 4 Desember 2018.

Eka mengatakan kompe­tensi keahlian yang diberikan untuk para siswa semua dia­wali dari pembelajaran ma­nual. Mereka belum mem­praktikan kepada para model, melainkan mengaplikasikan­nya kepada teman sebaya. Hal tersebut membimbing me­reka untuk bisa berdiskusi satu sama lain.

“Selanjutnya, mereka akan dikembangkan dengan pe­ningkatan rias wajah panggung, rias wajah pragawari, yang memiliki teknik tingkat ting­gi,” ujar Eka seperti diberita­kan laman resmi Disdik Jabar.

Selain itu, Eka menjelaskan pada tata kecantikan siswa akan diajarkan dua kompen­tensi yaitu kecantikan kulit dan rambut. Pada kecantikan kulit, sekolah terus mengembangkan teknologi kecantikan untuk diajarkan kepada siswa. Salah satunya seperti pembelajaran teknik scrubbing dan nail art.

Eka berharap semua siswa tata kecantikan dapat sukses. Kedepannya, mereka diara­hkan untuk memiliki usaha sendiri, mengembangkan, dan membuka lapangan kerja. Sehingga, hasil yang mereka dapatkan akan ber­dapampak pada dirinya dan orang lain. (*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan