Lomba Pop Sunda Pelajar Mulai Digelar

SOREANG – Pasanggiri Pop Sunda Antar Pelajar di Kabupaten Bandung digelar oleh Daya Mahasiswa Sunda (Damas) yang dipusatkan di Bale Pasini, Jln Jaksa Narata Kecamatan Baleendah. Acara ini di ikuti ratusan peserta dari puluhan Sekolah se kabupaten Bandung.

Pasanggiri digelar Damas Cabang Kabupaten Bandung, dalam rangka Milangkala Daya Mahasiswa Sunda (Damas) ka-62 yang diperingati setiap tanggal 14 Oktober.

Yudi menjelaskan, peserta yang mengikuti pasanggiri harus membawakan lagu yang sudah ditentukan panitia, berupa materi “Kawih Asuh Barudak” yang merupakan kawih-kawih atikan yang sudah memperoleh rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat sebagai materi bahan ajar untuk membangun karakter bangsa.

“Untuk materi lomba, para peserta akan diiringi musik minus one atau karaoke. Aspek yang dinilai meliputi artikulasi dan estetika menyanyi, teknik vokal, serta ekspresi dan gaya pada saat tampil,” terang Yudi.

”Sebagai testimoni Pasanggiri Pop Sunda, panitia menampilkan Diva Pop Sunda Rika Rafika dan Rita Tila,” akunya

Untuk katagori pelajar SMP, Kania Nayla berhasil meraih juara 1, Kania peserta yang mewakili SMPN1 Cileunyi Dengan raihan penilaian juri Kayla meraih nilaib 2060 hasil.penilaian juri.

“Penilaian dari penguasaan lagu, performa dan ekspresi saat membawakan lagu, kualitas suara, menjadikan peserta dari SMPN 1 Cileunyi menjadi juara satu,” kata GJ Setra Pramudita, salah satu dari tim juri.

Sementara juara kedua Kategori SMP, diraih SMPN 1 Cimaung atas nama Devita dengan nilai 2050. Juara ketiga dari SMPN 2 Katapang atas nama Silvia dengan skor 2035.

Juara Harapan 1 dari SMP Pasundan 1 Bandung atas nama Jasmine dengan skor 2020; Juara Harapan 2 diraih Novi dari SMPN 1 Kertasari dengan skor 2010, dan Harapan 3 oleh Reska dari SMP Pasundan 1 Bandung, dengan skor 2000.

”Kegiatan ini akan menjadi anggenda tahunan Damas. selain untuk memperdayakan seni budaya sunda, juga untuk melagirkan generasi muda yang peduli seni sunda,” pungkasnya (rus/yan)

Tinggalkan Balasan