Lirik Jenaka Gemerlapkan Lantai Dansa

APA jadinya jika beat disko klasik digabungkan dengan lirik yang jenaka? Yap, itulah yang disuguhkan Diskopantera, proyek solo Rahmad Dwi Putranto, tiap kali tampil. Gemerlap lampu disko sukses disatukan dengan lantai dansa dan dentum repertoar bernuansa nostalgia.

Sebelum memilih bersolo karir, Om Disko –sapaan akrab Rahmad Dwi Putranto– berperan dalam sebuah band yang diinisiasi bersama teman-teman sekolahnya pada 2000. Namun, sayang, karir bersama band tersebut nggak semoncer Diskopantera hari ini.

’’Mulanya, Diskopantera adalah nama akun Twitter yang gue buat sekitar 2009. Awal mula lahir sebagai karakter seperti sekarang adalah 2012. Waktu itu gue diajak main di Decade of Decadence tema acaranya 80’s-90’s gitu. Nah, daripada bingung soal nama, gue pilih aja Diskopantera,’’ ungkap Om Disko.

Lewat lirik yang jenaka serta beat disko klasik, Diskopantera sukses menjadi primadona anak muda. Bukan hanya itu, tampilan outfit nyentrik dan aksi panggung jenaka Om Disko selalu menyita keringat dan riuh tawa di lantai dansa.

’’Gue sendiri jujur nggak pernah kepikiran buat berkarir di musik. Namun, setelah Diskopantera terbentuk, ternyata itu menjadi pintu gue untuk berkarir di dunia musik,’’ terang Om Disko. Menjadi oase dan warna anyar pada ranah musik electronical dance music (EDM), rangkaian nada yang disemainya nggak hanya bergantung pada dentum bas yang superlow atau beat yang repetitif, tapi juga pada tone-tone yang ceria serta jadi ujung tombak dalam karyanya.

Yang menarik, saat musisi EDM lain berbondong-bondong menyabet predikat sebagai musisi yang futuristik, Diskopantera justru bermain-main pada memori lawas. Dalam tiap penampilanya, lagu-lagu hit pada medio 80’s hingga 90’s menjadi andalannya. Simak aja hit Om Disko yang berjudul Cynthia. Klip video bernuansa lawas serta beat yang ceria kerap memaksa audiens untuk nggak ber-sing a long ria di tiap konsernya.

’’Emang sengaja saya memilih era 80–90-an sebagai nuansa musik Diskopantera. Karena jelas, gue punya banyak memori di situ. Tahun saat gue menghabiskan masa kanak-kanak dan remaja ya di era tersebut,’’ ucapnya.

Tinggalkan Balasan