Lima Klub Raih Predikat Profesional 

16
PREDIKAT AFC : Sebanyak lima klub mendapatkan status profesional dari Asian Football Confederation atau AFC.

JAKARTA – Federasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation/AFC) memberikan status profesional kepada lima klub Indonesia.

Lima klub itu adalah Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, Borneo FC, dan Bhayangkara FC.

AFC melihat banyak aspek sebelum memberikan status profesional kepada lima klub itu.

Di antaranya, infrastruktur, finansial, sumber daya manusia (SDM), administrasi, serta pembinaan usia dini. Direktur Umum Persija Gede Widiade mengaku sangat bahagia dengan pengakuan dari AFC itu.

“Tentunya ini membuat kami tenang jika nantinya kami kembali berlaga di kompetisi antarklub Asia mengingat ini sebagai salah satu syarat,” kata Gede, kemarin.

Sementara itu, Borneo FC juga bersyukur bisa mendapatkan status profesional dari AFC.

“Ini sudah kami upayakan sejak beberapa bulan lalu. Pengalaman musim lalu menjadi pembelajaran berharga kami melengkapi kekurangan yang diminta AFC sebagai syarat klub profesional,” kata Sekretaris Borneo FC Hariasyah.

Musim lalu Borneo FC belum diakui AFC sebagai klub profesional. Saat itu hanya ada lima klub Indonesia yang mengantongi lisensi AFC.

Lima klub itu adalah Arema, Persib, Persija, Bali United, dan Madura United.

Sementara, untuk Persib dalam surat yang dipampang di situs resmi Persib tersebut, dijelaskan dua poin isi surat yang menegaskan status Persib.

Poin pertama adalah, menerima permohonan lisensi klub profesional dari Persib dan memberikan lisensi klub profesional kepada Maung Bandung.

Kedua, memerintahkan kepada Club Licensing Department untuk memberikan salinan keputusan ini kepada Komite Eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaannya.

Selain Persib, Persija Jakarta mendapatkan lisensi serupa. Dengan begitu, kedua tim rival ini berhak dan bisa mewakili Indonesia di ajang antarklub Asia. (dkk/jpnn)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.