Libur, Kebutuhan BBM dan LPG Melonjak

BANDUNG – Konsumsi Bahan Bakar Minyak dan LPG selama libur lebaran hingga puncak arus balik meningkat. Menurut PT Pertamina Marketing Operation Regional III rerata peningkatan mencapai 10 persen dari kebutuhan normal terutama di wilayah Jakarta, Banten dan daerah Jawa Barat lainnya.

Unit Manager Communication dan CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati menuturkan terhitung seja 30 Mei sampai 16 Juni, produk Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) mengalami kenaikan rata-rata 10 persen dibandingkan kondisi normal. Dan ini kata dia, akan terus meningkat seiring dengan puncak arus balik.

”Sedangkan untuk produk Gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex), pada periode yang sama menunjukkan trend penurunan sekitar 19 persen dibandingkan situasi normal karena belum beroperasinya kendaraan besar dan sektor industri selama libur lebaran,” kata Dian saat dihubungi Jabar Ekspres kemarin (20/6).

Lebih lanjut Dian menjelaskan, karena libur lebaran berakhir kemarin. Dia memprediksi permintaan BBM dan LPG akan terus meningkat terutama pada puncak arus balik. Maka, untuk mengantisipasinya PT Pertamina MOR III telah menambah stok dan penyalurannya.

”Untuk BBM, kenaikan permintaan terutama diprediksi akan terjadi sepanjang jalur arus balik baik di tol maupun non tol. Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan 17 titik layanan Kios BBM Kemasan (KiosK) dan 16 titik layanan motorist BBM yang bisa mengantar BBM jika ada kendaraan yang membutuhkan,” jelasnya.

Sedangkan untuk pasokan LPG terang dia, selama libur lebaran kali ini Pertamina MOR III juga menyiapkan 4.114 Pangkalan Siaga LPG 3 kilogram, 778 Agen Siaga PSO (Subsidi/3kg) dan 121 Agen Siaga NPSO (non subsidi) yang tersebar di seluruh Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Pangkalan siaga ini disiapkan sebagai antisipasi jika banyak pangkalan atau penjual LPG yang tutup saat libur Lebaran.

”Bagi masyarakat yang ingin mengetahui titik-titik pelayanan KiosK, Motorist dan Pangkalan Siaga, bisa menghubungi Contact Pertamina di telepon 1500000. Dengan begitu, petugas kami akan menginformasikan lokasi layanan BBM dan LPG yang terdekat dengan konsumen tersebut. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan LPG di SPBU atau modern minimarket yang ada di sekitarnya,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan