LAN RI Dorong ASN Jadi Pemimpin Perubahan Birokrasi

BANDUNG – Pemerintah pusat melalui Lembaga Ad­ministrasi Negara (LAN) menginginkan kebaradaan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa menjadi pemimpin perubahan dengan mening­katkan kapasitas melalui pen­didikan dan pelatihan Reform Leader Academy (RLA).

Kepala LAN RI, Adi Suryat­no mengemukakan, RLA di­bentuk agar reformasi biro­krasi lebih cepat terlaksana baik di level instansional maupun nasional.

Menurutnya, RLA memiliki konsep berbeda dengan pen­didikan dan pelatihan berjen­jang. Namun, para peserta akan memperoleh sertifikat penye­taraan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PIM 2).

”Di RLA, para peserta dido­rong menciptakan proyek perubahan secara bersama-sama di level instansional maupun level nasional,” jelas Adi ketika ditemui di sela-sela Kampanye Reformasi Birokrasi Nasional Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) di Gedung Serbaguna PKP2A I LAN RI, Jatinangor, belum lama ini.

Menurunya, salah satu kon­sep yang sekarang di sosiali­sasikan adalah ‘Ruang Riung’. Menurutnya, konsep ini be­risi menjual gagasan dengan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

Sehingga, menciptakan eko­sistem bisnis di era milenial ini,

’’ Konsep ini merupakan program nyata yang berman­faat sebagai wujud implemen­tasi Nawacita,”kata dia.

Dia menilai, keberadaan birokrasi saat ini telah men­galami perubahan signifikan. Sehingga, sesuai tugas LAN RI pihaknya ingin mencipta­kan pemimpin perubahan dan mencetak generasi terbaik untuk memberikan pelayanan publik maksimal kepada ma­syarakat.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi 2 DPR RI, Mardani Ali Sera menjelaskan, investasi terbaik adalah in­vestasi sumber daya manusia.

Menurutnya, Indonesia sangat memerlukan birokrat berkapasitas dan berintegri­tas. Maka pendidikan seper­ti RLA niscaya akan menja­dikan Indonesia semakin kokoh dan tangguh.

”RLA sangat kami dukung kalau bisa diperbanyak tapi dengan menajamkan kuriku­lum dan pola pelaksanaannya,” ucap dia.

Menurutnya, dengan RLA nantinya akan banyak peru­bahan dalam peningkatan efektivitas dan produktivitas. Sehingga, program seperti ini harus berkelanjutan.

Menyinggung konsep Ruang Riung yang menyasar start up bisnis milenial, menurutnya sudah sangat sesuai dengan konteks kekinian. Apalagi jika dikaitkan dengan pening­katan sektor ekonomi kreatif yang digandrungi kelompok usia ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan