Kurangi Pengangguran dengan Digawe

SUBANG – Calon Gubernur Jawa Barat TB. Hasanuddin mengklaim berkomitmen mengurangi pengangguran di Jawa Barat. Hal ini dinilai perlu untuk menekan angka penggangguran yang terus meningkat di Jawa Barat.

Salah satu caranya dengan rencana meluncurkan program Digawe. Calon Gubernur yang akrab disapa Kang Hasan menilai, Program Digawe salah satunya mengajak masyarakat yang ada di pedesaan untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang ada di sekitarnya untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Salah satunya, memanfaatkan sumber air yang melimpah.

Kang Hasan menyampaikan, alam sudah menyediakan kekayaan sumber daya yang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan menyediakan lapangan pekerjaan baru jika diolah dengan baik.

”Beberapa Daerah Jawa Barat mempunyai ketersediaan air yang cukup banyak, sangat potensial, ini harus dimanfaatkan dengan baik, misalnya budidaya ikan, bertani. Sehingga masyarakat desa punya pekerjaan tanpa harus ke kota,” ungkapnya saat berkunjung ke tempat budidaya ikan di kampung Ciherang, Desa Gunung, Desa Gunung Tua, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, kemarin (18/2).

Kang Hasan menambahkan, kemandirian ekonomi masyarakat desa harus didorong dan diciptakan oleh pemerintah dengan memberikan bantuan permodalan. Dengan demikian warga di pedesaan bisa menciptakan peluang pekerjaan tanpa harus menunggu pabrik berdiri atau investor datang.

Kang Hasan menambahkan dirinya siap menambah dana desa untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di pedesaan jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat. ”Permasalahan umumnya adalah terkait modal awal, harus kita bantu modal awalnya, misalkan melalui bank jabar atau juga melalui koperasi, kalau perlu dana desa ditingkatkan,” terangnya.

Dia mengaku yakin, dengan berkembangnya perekonomian desa, akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Menurut dia, Digawe adalah satu program unggulan yang digulirkan pasangan Hasanah.

Sementara itu, Anab salah satu pembudidaya ikan mengaku bahagia dikunjungi langsung oleh calon pemimpin Jawa Barat yang melihat langsung proses pembudidayaan ikan yang dikelolanya, ia berharap, program yang digulirkan Kang Hasan mampu mensejahterakan rakyat Jawa Barat.

”Ya alhamdulillah ada calon Gubernur yang mau melihat langsung pembudidayaan ikan kami. Semoga apa yang beliau programkan mampu membantu masyarakat seperti kami ini,” ungkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan