Kunjungan Turun 30 Persen

NGAMPRAH– Selama bulan Ramadan tingkat kunjungan ke sejumlah objek wisata diprediksi akan mengalami penurunan hingga 30 persen. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah ketimbang berlibur ke objek wisata.

Public Relation (PR) Farm House Lembang, Intania Setiati membenarkan, bila setiap memasuki bulan Ramadan ada penurunan pengunjung. “Sekitar 30 persen penurunannya,” kata Intan sapaan akrabnya ditemui di Ngamprah, Selasa (15/5).

Menurut dia, tingkat kunjungan akan kembali normal terjadi pada libur Lebaran. Kenaikan bisa mencapai angka 100 persen lebih. Itu disebabkan karena banyak masyarakat dari berbagai wilayah yang menghabiskan liburan pada momen Lebaran. “Memang puncak keramaiannya pada libur Lebaran nanti. Kalau Ramadan memang mengalami penurunan walaupun ada saja pengunjung yang datang,” katanya.

Intan menyebutkan, jumlah pengunjung di hari biasa yang datang ke Farm House bisa mencapai 1.000 orang. Sementara, untuk akhir pekan tingkat kunjungan bisa mencapai 2.000 orang. Banyak pengunjung yang datang seperti dari daerah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok hingga luar Jawa Barat. Bahkan, dari Malaysia dan Singapura juga banyak yang memanfaatkan liburan ke lokasi Farm House.

Intan menambahkan, Farm House memiliki beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Di antaranya tempat wisata bergaya eropa, keindahan alam pegunungan, rumah kurcaci taman bunga, hewan-hewan yang jinak, jembatan cinta, oleh-oleh dan pusat belanja serta yang terbaru wahana hobbiton. “Bahkan kami juga siapkan spot untuk foto selfie yang cukup banyak,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Bandung Barat Cucu Hertika meminta kepada para pemilik objek wisata, hotel dan restoran agar memberikan promo khusus selama Ramadan. Sehingga tingkat kunjungan tidak akan mengalami penurun yang drastis. “Misalkan ada paket promo makan untuk berbuka puasa, atau untuk promo penginapan dan lain-lain,” katanya. Dia memandang hal wajar bila selama Ramadan ada penurunan. Namun, tingkat kunjungan akan kembali meningkat pada momen libur Lebaran. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan