KPU Jabar Pelesiran ke Geopark Ciletuh

SUKABUMI – Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Jawa Barat terus menggelar sosial­isasi dengan cara yang ber­beda. Senin (2/4), sosialisasi dilakukan jajaran KPU Jawa Barat dengan cara touring menggunakan sepeda mo­tor sambil menikmati ob­jek wisata Geopark Ciletuh. Hal tersebut dilakukan guna mendongkrak partisipasi pe­milih di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2108.

Salah seorang Komisioner KPU Jawa Barat, Nina Yuning­sih menyebut, kegiatan tour­ing merupakan salah satu strategi yang dinilai ampuh untuk menembus perkam­pungan, desa, kecamatan dan kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat. Dengan gaya touring tersebut, proses so­sialisasi bisa masuk ke semua kalangan masyarakat, seperti yang ada di pelosok.

“KPU Jabar sengaja data­ng dengan cara touring ke sejumlah daerah di Jawa Barat, untuk mensosialisasi­kan Pilgub Jabar. Rutenya ke Bandung, Cianjur dan Sukabumi, dalam rangka membantu KPU kabupaten maupun kota dalam upaya mensosialisasikan Pilgub Jabar kepada masyarakat,” ujar Nina kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (2/4).

Nina menambahkan, pihaknya bersama puluhan anggota KPU Jabar dengan mengunakan atribut KPU dan Pilgub Jabar, menjadi pusat perhatian saat datang ke sejumlah tempat persing­gahan. Namun demikian, masyarakat bisa mengetahui betul bahwa KPU telah mel­akukan sosialisasi. Apalagi, di Jawa Barat saat ini mem­perkirakan ada sekitar 10 hingga 12 juta jiwa potensi pemilih pemilu, terdiri dari penduduk yang belum per­nah memilih, baru menginjak usia 17 tahun hingga pensiu­nan TNI-Polri.

“Perkiraan 30 persen atau sekitar 10 sampai 12 juta orang dari daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sebesar 34 juta orang. Untuk itu kami dengan segala cara melakukan sosialisai agar semua masyarakat yang berhak mengunakan hal pil­ihnya, agar bisa memilih calon mereka,” imbuhnya.

Ia mengatakan, beberapa strategi sudah dijalankan KPU Jawa Barat dalam menggaet minat partisipasi pemilih. Di antaranya melakukan sosial­isasi dengan tokoh ulama, masyarakat, organisasi, ma­hasiswa, untuk bertatap muka langsung agar target potensi pemilih bisa meningkat. “Yang jelas, touring yang kami laku­kan sepekan ini. salah satu strategi tatap muka langsung dengan masyarakat,” tan­dasnya.(udi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan