Konsumsi Air Naik 15 Persen Sepanjang Libur Natal dan Tahun Baru

NGAMPRAH– Tingkat konsum­si air bersih di Kabupaten Bandung Barat diprediksi naik 15 persen sepanjang libur Natal hingga Ta­hun Baru nanti. Hal ini disebab­kan banyaknya warga perantau yang mudik, sehingga konsumsi air meningkat.

“Naiknya sekitar 15 persen ka­rena banyak yang mengkonsum­si air selama libur. Biasanya, Bandung Barat jadi tujuan mudik kalau libur panjang seperti seka­rang. Tak hanya di daerah per­desaan, tetapi juga di perkotaan seperti Padalarang dan Ngamprah,” ujar Sekretaris PDAM Tirtara­harja Kabupaten Bandung, Tedi, Selasa (25/12).

Dia menjelaskan, konsumsi air bersih di tiga daerah yang dilayani PDAM, yakni Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Kota Cimahi memang berbeda-beda. Di wi­layah perkotaan seperti Cimahi, biasanya menurun lantaran ba­nyak yang mudik ke luar daerah. Namun di KBB, justru meningkat karena menjadi tujuan mudik.

Mengantisipasi peningkatan konsumsi air bersih, petugas PDAM tetap bersiaga untuk memberikan pelayanan. “Bahkan, kami juga siap diperbantukan untuk me­masok air bersih di jalur mudik, yakni di Nagreg, Kabupaten Bandung berkoordinasi dengan kepolisian,” ujar Tedi.

Dia juga menuturkan, pada mu­sim hujan ini pihaknya terus mela­kukan penjernihan air. Sebab, sumber air baku mengalami ke­keruhan jika curah hujan tinggi akibat terkontaminasi sampah.

“Kalau ada pelanggan yang air­nya keruh, silahkan sampaikan kepada kami untuk ditindaklanj­uti. Sejauh ini, kekeruhan air ma­sih bisa diantisipasi,” ujar Tedi.

Sementara itu, Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan PDAM Tirtaraharja Sri Hartati menam­bahkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan memperbaiki sarana dan infra­struktur. Apalagi, beberapa wak­tu lalu telah dilakukan penyesu­aian tarif air bersih.

Saat ini, debit air yang digelon­torkan PDAM Tirtaraharja sudah normal, yakni 178 liter per detik.

“Sudah normal kembali diban­dingkan dengan saat musim ke­marau lalu yang sempat turun signifikan hingga 40 liter per de­tik,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, PDAM menargetkan penambahan pe­langgan menjadi 100.000 sam­bungan rumah (SR) hingga akhir tahun. Hingga menjelang akhir tahun ini, jumlah pelanggan su­dah mencapai 96.956 SR.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan