Komunitas Rancaekek Unite Siap Begerak

Kondisi sawah di Rancaekek dulu hijau membentang. Namun, seiring banyaknya industri, sawah tercemar limbah Pabrik dengan air berwarna hitam pekat. Anehnya, pemerintah seolah-oleh tidak memiliki ketegasan untuk menindaknya.

Erwin Mintara D. Yasa, Rancaekek

BERAWAL dari kecintaan terhadap lingkungan di Ran­caekek. Sekelompok warga membentuk komunitas yang mewadahi dalam forum-forum diskusi mengenai kon­disi lingkungan Rancaekek yang setiap harinya semakin rusak akibat pencemaran limbah pabrik.

Komunitas yang diberi nama Rancaekek Unite ini, akan terus menyuarakan keadaan lingkungan yang sudah tercemar oleh pem­buangan Limbah.

’’Dulu bedasarkan sejarah Rancaekek, itu adalah kawa­san Agraris yang terkenal dengan sawah yang memben­tang hijau, danau atau sung­ai yang bersih tapi semenjak banyaknya industri sekarang berubah,”jelas Jundy AlFatih yang merupakan pendiri komunitas tersebut.

Kondisi Kecamatan Ran­caekek yang memiliki letak geografis strategis kini ba­nyak berdiri pabrik-pabrik industri. Namun, dampak negatifnya pencemaran sering terjadi dengan begitu saja tanpa ada ketegasan dari pemerintah setempat.

Saat Industri merajalela ri­buan hektar sawah di Ran­caekek tercemar limbah. Air hitam pekat dan berbau mengairi sawah-sawah milik warga sampai saat ini. Se­hingga, padi yang dihasilkan diragukan untuk dikonsumsi.

’’Sekarang sudah berubah menjadi sungai yang hitam sampai-sampai ikanpun ma­buk karena sungai tercemar oleh limbah,”Jundy.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Rancaekek Unite merupakan organisasi yang mewadahi para pecinta ling­kungan yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan kawasan sawah di Rancaek­ek bebas tercemar dari limbah.

’’Kita ingin mewadahi ke­resahaan, kemuakan terhadap kondisi lingkungan di Rancaekek,”kata dia.

Berdiri sejak 2015, sudah banyak berkiprah bukan saja di bidang lingkungan. Namun, seiring perkembangan Rancaekek Unite selalu terjun keberbagai aksi sosial untuk membantu masyarakat.

Penderi lainnya Arif wahi­din mengungkapkan, untuk urusan lingkungan para ang­gota sering melakukan edu­kasi ke masyarakat dengan emmberikan berbagai pema­haman mengenai bagaimana menjaga lingkungan.

Dalam perkembangannya Rancaekek Unite memun­culkan berbagai komunitas lain yang bekerja secara su­karela. Komunitas ini berge­rak dalam berbagai bidang di antaranya Komunitas Me­lawan Racun, sebagai perla­wanan terhadap pencemaran limbah. Selain itu, Komuni­tas Perpustakaan Jalanan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang sudah di nina bobokan oleh kecanggihan teknologi.

Tinggalkan Balasan