Kompetisi Usai, PT LIB Masih Menunggak

JAKARTA – Seperti lagu lama yang selalu diputar ulang setiap selesai kompetisi, ope­rator kompetisi masih saja menyisakan tunggakan ke­wajiban. Musim ini, subsidi Rp 7,5 miliar per klub yang dijanjikan tak kunjung se­penuhnya dibayarkan. Khu­susnya subsidi kompetisi Elite Pro Academy yang men­capai Rp 2,5 miliar.

Kompetisi sepak bola na­sional yang berada langsung di bawah PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah hampir sepenuhnya selesai. Liga 1, Liga 2, Liga 1 U-19, dan Elite Pro Academy U-16 telah menghasilkan juaranya.

Saat Persija Jakarta sudah selesai melalukan pawai ke­menangan, Sabtu (15/12) dan PSS Sleman sudah lebih dulu melakukan arak-arakan, PT LIB masih saja belum me­menuhi hak klub secara baik dan benar.

Subsisi Rp 7,5 miliar yang dijanjikan tidak semuanya sudah dibayarkan. Terutama untuk subsidi Elite Pro Aca­demy yang bernilai Rp 2,5 Miliar. 18 klub Liga 1 yang berpartisipasi musim ini tidak ada satu pun yang sudah me­nerima dana itu.

Padahal, untuk kompetisi usia dini sudah sepenuhnya selesai dilaksanakan. Baik Liga 1 U-19 maupun Elite Pro Academy Liga 1 U-16. Persib Bandung ba­hkan sukses juara pada kedua turnamen tersebut.

Di awal musim lalu, PT LIB selaku operator kompetisi menjanjikan dana Rp 2,5 Mi­liar akan cair ketika klub sudah memenuhi kewajiban untuk membuat akademi. Kemu­dian diikuti pembinaan yang baik dan ikut dalam kompeti­si Liga 1 U-19 dan U-16. Nya­tanya, janji tinggal janji. Belum sepeser pun dana subsidi tersebut sampai ke klub.

Manajer Bhayangkara FC AKBP Sumardji membenarkan hal itu. Dia mengatakan sam­pai tulisan ini dibuat, timnya sama sekali tidak menerima dana tersebut.

Padahal, janji di awal Liga 1 bergulir, Rp 2,5 Miliar akan dibayar ketika 18 klub me­menuhi standar untuk punya akademi dan ikut berkom­petisi di Liga 1 U-19 dan U-16. ’’Sepeser pun kami belum terima. Sudah kami duga se­jak awal seperti ini. PHP saja terus,’’ paparnya.

Hal senada juga diungkap­kan Manajer Mitra Kukar Nor Alam. Dia mengungkapkan sampai detik ini belum satu rupiah pun uang ‘pembinaan’ berupa subsidi yang dijanjikan oleh LIB cair kepada Naga Mekes. Padahal semua per­syaratan sudah dipenuhi. ’’Belum ada sampai sekarang, kami menunggu,’’ ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan