Komatda Dibentuk untuk Tanggulangi Katarak

SOREANG – Untuk itu upaya menekan angka kebutaaan disebabkan katarak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan memiliki Komite Mata Daerah (Komatda).

Ketua Komatda Agus Muharam mengatakan pembentukan Komatda berdasarkan hasil RAAB (Rapid Assesment of Avoidable Blindes), sebagai standar pengumpulan data kebutaan yang direkomendasikan WHO. Sebab, di Jawa Barat prevalensi kebutaan mencapai 2,8 persen.

Sementara di Kabupaten Bandung, data RAAB 2018 mencatat sekitar 20.160 kasus tidak tertangani. Sehingga, berdasarkan estimasi tersebut diperlukan setidaknya 1.500 operasi katarak setiap tahunnya.

’’Komatda sebagai wadah kerjasama lintas sektor dalam menekan prevalensinya di Kabupaten Bandung,’’ jelas Agus ketika ditemui kemarin. (21/11).

Komatda dibentuk Pemerintah Daerah pertamakalinya di Indonesia, melalui SK. Bupati Bandung no. 44/Kep.516-Dinkes/2018 tanggal 12 Oktober 2018. pembentukan Komatda merupakan respon pemerintah untuk mendukung upaya penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan (PGP) di Kabupaten Bandung.

“Komatda ini badan independen dari unsur lintas sektor, seperti organisasi penyandang disabilitas, organisasi profesi dan unsur masyarakat lainnya,” jelas agus.

Sementara ditempat berbeda, Asisten Ekonomi dan kesejahteraan H. Marlan, mengatakan, pembentukan Komatda akan mendukung pemerintah dalam melakukan berbagai upaya penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan secara komprehensif dan sinergis.

“Ini merupakan upaya kerja sabilulungan dan langkah strategis untuk percepatan menekan prevalensi gangguan penglihatan dan kebutaan, antara pemerintah, swasta, LSM juga masyarakat dari berbagai unsur,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Marlan, Komatda diharapkan mampu mendukung pemerintah dalam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan di seluruh wilayah.

“Komatda adalah Lembaga baru dibidang kesehatan yang menangani permasalahan kesehatan mata masyarakat. Minggu lalu kita sudah lakukan rapat kerja pengurus dan stakeholder untuk menyusun program kerja, dan rencananya pelantikan Komatda akan dilakukan oleh Pak Bupati bulan Desember ini,” jelas Marlan. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan