Kodim 0816/BS Bentuk Tim Untuk Lakukan Survey

41
Dandim 0816/BS Kota Bandung Letkol Infantri Arifin Dahlan.

BANDUNG — Untuk mengentaskan masalah sungai Citarum, Kodim O816/BS melakukan koordinasi lintas sektor bersama Pemkot Bandung dan elemen masyarakat dengan membentuk tim survei.

Dandim 0816/BS Kota Bandung Letkol Infantri Arifin Dahlan.mengatakan, langkah pertama yang dilakukan adalah koordinasi dengan membentuk tim survey untuk melakukan pemetaan wilayah mai dari tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Tim dibentuk terdiri dari berbagai unsur yang nantinya harus melaporkan hasil.survey dan pemetaan dilapangan,”jelas Arifin ketika ditemui dalam rapat koordinasi pengentasan sungai Citarum di Makodim 0816/BS kemarin (10/1)

Selain itu, tim harus meperoleh data mengenai berbagai permasalahan keberadaan titik-titik sampah. Sehingga, tim akan melakukan tindakan bersama dan menentukan langkah yang tepat dilakukan.

Lihat Juga:  Pesawat Militer Indonesia Laik Terbang

Dirinya mencontohkan, bila titik sampah ditemukan di daerah akiran sungai maka pemasangan jaring sampah akan diterapkan. Bahkan, pendataan akan menelusurin warga kota Bandung yang masih membuang limbah rumah tangga secara langsung ke sungai.

“Tim survei terdiri dari Muspika Babinsa, Babinkamtibmas Kecamatan dan Kelurahan,”ucap Arifin.

Dengan begitu, pihaknya nanti akan dapat menganalisa sejauh mana tingkat pencemaran sungai terjadi diwilayah perkotaan. Sehingga, Pemkot bersama Kodim akan mengambil kebijakan tepat mengentaskan masalah ini.

Selain itu, sebelum melakukan survey tim akan diberikan pembekalan bagaimana cara melakukan survei ke masyarakat dengan menerjunkan personil kueang lebih 900 orang.

Lihat Juga:  RA Tantang Dosen

Arifin menyebutkan, di Kota Bandung ada delapan anak sungai yang bermuara ke Citarum. Untuk itu pihaknya mebagi tim menjadi 27 sub sektor yang terdiri aparat gabungan TNI, Polri, Muspika sampai tingkat RT/RW.

“Pendataan akan berlangasung selama empat hari, mulai tgl 14 Januari 2018,” Arfin.

Dirinya menambahkan, edukasi ke masyarakat harus terus dilakukan. Sebab, sebesar apapun insfrastruktur yang dibangun, jika tanpa kesadaran masyarakat, tentunya tidak akan berarti apa-apa.

“Bagaimana caranya, kita merubah pola pikir masyarakat agar tingkat dalam.memelihara lingkungannya semakin meningkat,”kata dia.

Lihat Juga:  Dewan Pantau Kinerja Eksekutif

Sementara itu, Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik langkah yang dilakukan Kodim bersama jajaran untuk mengentaskan permasalahan sungai Citarum.

Menurutnya, sinergitas perlu dibangun antaravMuspika kota Bandung, TNI dan Polri untuk menuntaskan bersama-sama permasalah sampah dan sungai yang ada di Kora Bandung.

“Sesuai hasil survey sementara, bahwa kondisi aliran Sungai Citarum banyak dicemari oleh limbah industri dan sampah organik yang notabene dilakukan oleh masyarakat yang membuang sampahnya ke sungai,” kata Oded. (yan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.