Klasemen Akhir Grup A, Qatar dan Indonesia Lolos, UEA Menangis

Grup A Piala Asia U-19 2018 telah merampungkan semua laga. Laga pamungkas pada Rabu (24/10) malam WIB yang digelar bersamaan berakhir dengan penuh drama. Indonesia U-19 memastikan diri melaju ke perempat final usai menang 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sementara, satu tiket perempat final lainnya dari Grup A diambil oleh Qatar. Indonesia sendiri harus puas sebagai runner-up grup dan Qatar juara grup. Meski memiliki poin sama yakni 6, berdasar regulasi AFC membuat Qatar berhak menjadi juara Grup A.

Aturan itu juga yang membuat UEA menangis usai kalah dari Indonesia dengan skor tipis 0-1. Mereka harus angkat koper meski juga memiliki 6 poin. Dalam dua laga awal, UEA tampil superior dengan menang 2-1 atas Qatar dan kemudian membantai Taiwan dengan skor 8-1.

Namun, keunggulan selisih gol yakni surplus 7 tak berarti apa-apa. Lantaran Qatar, Indonesia, dan UEA sama-sama memiliki poin sama yakni 6, dan Taiwan tanpa poin, maka perhitungan posisi berdasarkan laga yang melibatkan ketiga tim dengan poin sama. Dalam hal ini, pertemuan melawan Taiwan tak dihitung.

Seperti diketahui, UEA mengalahkan Qatar dengan skor 2-1, kemudian Qatar menang 6-5 atas Indonesia, dan Indonesia menang 1-0 atas UEA. Dari hasil itu dibuat klasemen kecil tiga tim tersebut. Maka menghasilkan klasemen kecil Qatar 3 poin dengan selisih gol 7-7, Indonesia 3 poin dengan selisih gol 6-6, dan UEA 3 poin dengan selisih gol 2-2.

Berdasar itu, maka aturan selanjutnya yang dipakai bukan head to head karena saling mengalahkan. Untuk penentuan posisi, maka dihitung selisih gol paling baik. Ketika sama, maka yang dihitung adalah jumlah gol memasukkan terbanyak. Dalam hal ini, Qatar mampu memasukkan 7 gol. Sementara Indonesia 6 gol, dan UEA hanya memasukkan 2 gol.

Dari klasemen kecil itu, maka Qatar berhak berada di puncak. Posisi kedua Indonesia, dan ketiga UEA. Artinya, Qatar dan Indonesia yang lolos ke perempat final. (epr/JPC)

Hasil Matchday 3 Grup A Piala Asia U-19 2018

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan