Klaim Jalan Kuat 10 Tahun

BOJONGSOANG – Jalan Cijagra-Bojongsari-Rancaoray sepanjang 5,7 km Diklaim memiliki kekuatan 3 kali lipat dari jalan biasa. Bahkan, untuk masa pakai bisa mencapai 10 tahun.

Proyek jalan yang diresmikan langsung oleh Bupati Bandung H. Dadang M. Naser ini memiliki lebar 5 meter denga masa pengerjaan selama 180 hari atau 6 bulan.

“Warga sudah menunggu bertahun-tahun, terlebih jalan ini sering terkena banjir jadi mudah rusak, apalagi kalau berbahan aspal. Jadi meskipun mahal kita lakukan betonisasi,” kata Dadang usai acara peresmian jalan tersebut di Kantor Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang, kemarin (16/10).

Dadang memaparkan, untuk konstruksi Rigid sepanjang 4,029 km dan Laston sepanjang 1,7 km menghabiskan anggaran dengan kontrak awal sebesar Rp. 8,092 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan terdapat Addendum Kontrak sebesar Rp 792 juta.

Dadang menilai, banyaknya jalan rusak di Kabupaten Bandung bisa diakibatkan karena struktur tanah labil, atau ada faktor lain dalam proses pengerjaannya. Namun, jika ada jalan beton dalam waktu 1 tahun sudah rusak berarti ada masalah struktur tanah, atau faktor x pada waktu pengerjaannya.

Sehingga, lanjut dia, perlua adanya pengawasan dari Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung dipandang penting. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya penyelewengan yang dapat merugikan pemerintah maupun masyarakat. Kendati begitu, Dadang menjamin untuk pengerjaan proyek tersebut sudah pasti transparan. Sebab, ada pendampingan langsung dari TP4D Kejari Bale Bandung.

Dia menuturkan, sekitar 20 persen jalan di Kabupaten Bandung, akan terus dimantapkan pada tahun-tahun mendatang. Namun, untuk memberikan pelayanan. Masyarakat harus tahu mana jalan kewenangan kabupaten, mana jalan provinsi dan mana jalan desa.

’’Jadi kita utamakan dulu jalan kabupaten atau jalan yang menghubungkan dua desa, karena kalau jalan desa itu sudah ada anggarannya,” terangnya.

Dadang menabahkan, untuk jalan yang sudah mantap agar dipelihara secara bersama oleh masyarakat. Terutama, jika terjadi hujan jangan sampai ada genangan air karena akan mempercepat umur jalan.

Selain peresmian jalan, dalam kesempatan sama Dadang Naser meresmikan Kantor Desa, Gedung Serba Guna, Gedung Puskesmas Pembantu serta Kampung KB Desa Bojongsari.

Tinggalkan Balasan