Kinerja Bupati Disorot Dewan

NGAMPRAH – DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menyoroti terus pelaksanaan program skala prioritas seperti pendidikan, kesehatan, pertanian dan infrastruktur menjelang berakhirnya kepemimpinan Bupati Bandung Barat Abubakar dan Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra yang akan selesai di bulan Juli 2018.

Anggota DPRD KBB, Pither Tjuandys meminta, pemerintah daerah agar lebih fokus terhadap penyelesaian RPJMD serta skala prioritas bagi masyarakat yang sudah ditetapkan dalam APBD 2018. “Kami meminta pemerintah tetap fokus menyelesaikan program yang berkaitan dengan masyarakat seperti soal kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” kata Pither di Padalarang, kemarin.

Dia menjelaskan, seluruh jajaran SKPD di tingkat eksekutif agar tetap menjalankan program dengan serius dan tidak terpengaruh dengan kondisi politik pada Pilkada Serentak 2018. “Semua jangan terpengaruh dengan urusan pilkada ini, sehingga lupa dengan program kerja. Termasuk kepala dinas harus tetap konsen dengan urusan kerjanya,” tegasnya.

Menurut Pither, bahwa peningkatan kualitas dari mulai urusan kesehatan, pendidikan, pertanian, perekonomian, hingga infrastruktur ini harus tepat sasaran di akhir periode pemerintahan saat ini. Oleh karena itu, kata Pither yang juga politisi Demokrat ini, mulai dari bupati, wakil bupati dan sekda semua harus konsentrasi terhadap program kerja di tahun politik ini. “Semua harus konsen terhadap jabatan amanah yang telah menjadi prioritas. Dan justru jangan sampai di tahun politik ini semua sibuk berkampanye menggunakan fasilitas negara,” paparnya.

Pither juga mengatakan, saat ini setiap dinas harus segera melaksanakan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA). Terlebih menurutnya, APBD 2018 sudah ditetapkan di Januari ini. “Tahapan semua proses itu, harus sudah dilaksanakan mulai dari sekarang. Sebagai fungsi kontrol pelaksana tugas bupati, setiap dinas ini juga harus segera melaksanakan tugasnya. Saya minta semua jangan berleha-leha, dan jangan sibuk ngurus kampanye” ujarnya.

Pither menambahkan, untuk di jajaran legislatif pun, pihaknya meminta para pimpinan di DPRD agar tidak sibuk dengan urusan politik. Adapun DPRD harus fokus terhadap sejumlah agenda kerja yang disusun pada tahun ini. “Termasuk di DPRD juga kami minta program kerja tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah disusun. Jangan sampai sibuk dengan pilkada juga,” pungkasnya. (drx/yan)

Tinggalkan Balasan